Menggairahkan Kembali Budi Daya Rumput Laut di Pulau Panggang

Reporter : Suparni | Editor : F. Ekodhanto Purba | Jumat, 19 Juli 2019 16:24 WIB | Dibaca 1774 kali
Menggairahkan Kembali Budi Daya Rumput Laut di Pulau Panggang (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Warga Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara kembali mengembangkan budi daya rumput laut di wilayahnya. Ini dilakukan karena kondisi air laut di Pulau Panggang sangat layak dan cocok untuk pengembangan budi daya rumput laut.

"Setelah dicoba tanam dan hasilnya bagus maka tahun ini kita coba kembangkan kembali budi daya rumput laut, "

Lurah Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Pepen Kuswandi mengatakan, budi daya rumput laut baru dilakukan kembali tahun ini dengan sistem apung, setelah sebelumnya sempat berkembang pada tahun 90-an.

"Setelah dicoba tanam dan hasilnya bagus maka tahun ini kita coba kembangkan kembali budi daya rumput laut," ujar Pepen, Jumat (19/7).

Dikatakan Pepen, saat ini di wilayahnya sudah ada sebanyak 50 petani yang membudidayakan rumput laut di perairan Karang Lebar dengan luas area tiap petani bervariasi antara 10-20 meter per orang. 

Pepen berharap, dengan dimulainya kembali budi daya rumput laut sejak awal pekan lalu, kemungkinan rumput laut sudah dapat dipanen untuk pembibitan pada bulan Agustus mendatang.

"Kami juga menyarankan kepada warga agar membentuk kelompok tani dan akan dikoordinasikan dengan Sudin KPKP agar mendapatkan pembinaan lebih lanjut," tandasnya.

TOP