Sudin KPKP Jakut Gelar Lomba Masakan Olahan Hasil Peternakan

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Selasa, 16 Juli 2019 19:30 WIB | Dibaca 323 kali
Sudin KPKP Jakut Gelar Lomba Masakan Olahan Hasil Peternakan (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara, menggelar lomba masakan olahan hasil peternakan di Mal Artha Gading, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading. Hasilnya, perwakilan dari Kelurahan Koja dan Pegangsaan Dua tampil sebagai juara pertama serta kedua.

"Setiap tim menghadirkan beragam hasil kreasi olahan makanan, "

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara, Suroto mengatakan, kegiatan ini dapat memberikan kesempatan masyarakat dalam pemberdayaan ekonomi.

"Ini bagus untuk memberi kesempatan kepada masyarakat, khususnya kader PKK bersaing di level ekonomi yang lebih tinggi," katanya, Selasa (16/7).

Dijelaskan Suroto, Pemerintah Kota Jakarta Utara mendukung dan akan mempromosikan olahan hasil peternakan ini kepada para pengusaha. Apalagi, hasil olahan tersebut tidak hanya mengedepankan kualitas kelezatan, namun juga dalam sisi kehigenisan makanan.

"Semoga kegiatan ini ke depan bisa lebih banyak mengikutsertakan masyarakat. Bahkan hingga ke tingkat RT/RW," jelasnya.

Kepala Sudin KPKP Jakarta Utara, Rita Nirmala menjelaskan, kegiatan lomba diikuti 12 tim wakil dari enam kecamatan se-Jakarta Utara. Kedua tim yang memenangkan lomba akan mewakili Jakarta Utara di lomba tingkat Provinsi DKI Jakarta pada Agustus  mendatang.

"Setiap tim menghadirkan beragam hasil kreasi olahan makanan, terutama berbahan ayam, daging dan ikan," ujarnya.

Dilanjutkan Rita, penilaian hasil masakan berdasar pada aspek kelezatan, higienitas, memanfaatkan hasil olahan, kreatifitas dan inovatif. Variasi menu yang dihadirkan diharap memotivasi masyarakat agar mengembangkan menu bergizi bagi keluarga.

Wakil dari Kelurahan Koja, Siti Chodijah mengungkapkan, pihaknya menghadirkan empat kreasi olahan hasil ternak dalam perlombaan ini, yakni Sop Ayam Bakso, Better Ballen Ayam Kailan, Daging Lapis Rumput Laut, dan Tariyaki Ayam Cerita.

"Yang spesial dari olahan makanan ini yakni dimasak dengan rasa cinta. Sehingga rasa yang muncul lebih terasa lezat," tandasnya.

TOP