Anies Sambut Wakil Wali Kota Kyiv, Pererat Sister City dengan Peletakan Replika Patung Anna De Kiev di Jakarta

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Jumat, 21 Juni 2019 17:47 WIB | Dibaca 4208 kali
Anies Sambut Wakil Wali Kota Kyiv, Pererat Sister City dengan Peletakan Replika Patung Anna De Kiev di Jakarta (Foto : Istimewa / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, beserta sejumlah jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyambut kunjungan Wakil Walikota Kyiv, Khonda Maryna, dan Duta Besar Ukraina untuk Republik Indonesia, Volodymyr Pakhil, di Balaikota DKI Jakarta.

" Bubungan baik kota Jakarta dan Kyiv, "

Kunjungan delegasi dari Ukraina tersebut dialkukan untuk mempererat kerja sama Sister City antara Jakarta dan Kyiv, serta mengenalkan Kyiv sebagai salah satu mitra potensial untuk bekerja sama dengan Provinsi DKI Jakarta, sekaligus dalam rangka peresmian replika Patung Anna de Kiev di Taman Cattleya, Jakarta Barat.

Anies mengatakan, Jakarta menyambut baik peresmian replika patung putri Yaroslav I dari Kyiv tersebut dan menganggap patung itu sebagai simbol persahabatan antara kota Kyiv dan Jakarta. Untuk diketahui, Anne de Kiev adalah potret seorang wanita terpelajar yang menguasai bahasa Cyrillic secara lisan maupun tulisan, satu hal yang jarang ditemukan pada masa itu.

"Kami tentu sangat senang dengan kehadiran patung ini dan menjadi kehormatan tersendiri. Semoga ini menjadi penanda juga hubungan baik kota Jakarta dan Kyiv," ujar Anies, dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta, Jumat (21/6).

Anies menyampaikan, Jakarta siap membuka kerja sama dengan siapapun, termasuk dengan kota Kyiv dalam banyak bidang. Sehingga, kedua kota dapat menjalin kerja sama yang saling menguntungkan.

"Kota Kyiv memiliki banyak potensi, kami nanti akan mengirimkan delegasi ke sana dan begitu juga kota Jakarta. Di sini kami siap menyambut kerja sama dalam berbagai bidang," terangnya.

Sementara, Wakil Wali Kota Kyiv secara khusus turut mengundang Gubernur Anies beserta delegasi dari Jakarta untuk datang pada perayaan ulang tahun kota Kyiv tahun depan. Seperti halnya delegasi Kyiv yang datang untuk larut dalam perayaan HUT ke-492 kota Jakarta.

Anies menyambut hangat undangan tersebut. "Insya Allah kami akan mengirimkan delegasi ke sana dan jika memungkinkan saya juga akan mengikuti perayaan tersebut," ucapnya.

Jakarta dan Kyiv telah menjalin kerja sama Sister City sejak 2007, di bidang pengelolaan dan pembangunan kota, transportasi umum, pertamanan dan kawasan rekreasi kota, perdagangan dan usaha skala kecil dan menengah, kebudayaan, pariwisata, olah raga, hingga pendidikan. Sejak pembentukan sister city, kedua kota telah melaksanakan beberapa kegiatan, antara lain kunjungan Delegasi Transportasi Kyiv ke Jakarta pada tahun 2008 dan kehadiran Wakil Wali Kota Kyiv pada HUT ke-482 kota Jakarta tahun 2009.

Lebih lanjut, dalam upaya peningkatan hubungan kedua kota, Fedir Balandin, seorang seniman dan pengusaha, pendiri Indonesia House di Ukraina yang berasal dari kota Kyiv, juga menjabat sebagai curator Anne de Kiev Fest, bersama Konstantyn Skrytutsky, seorang pematung dari Ukraina, telah mengadakan perjalanan misi budaya ke Indonesia, khususnya Jakarta dari 11-15 Februari 2018. Pada kunjungan ini, dilaksanakan pameran foto bertema Winter in Kyiv di Monumen Nasional (Monas), Jakarta dan secara resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta bersama Pejabat Kedubes Ukraina.

Sebagai tindak lanjut penyelenggaraan pameran foto tersebut, Pemerintah Kota Kyiv bermaksud menyumbangkan replika Patung Anne de Kiev, seorang tokoh historis dari Ukraina, untuk ditempatkan di Taman Cattleya, Jakarta Barat.

Acara Peresmian Patung Anna de Kiev akan dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata, yang diikuti oleh Pementasan Teater Edigna: Daughter of Anne of Kiev and Henry I sebagai perwujudan hubungan kerja sama sister city Jakarta dan Kyiv. Acara peresmian ini akan digelar pada tanggal 21 Juni 2019 pukul 18.00-20.00 WIB di Taman Cattleya, Jakarta Barat.

Replika patung Anne de Kiev adalah karya pematung Konstantin Skrytutski, dibuat berdasarkan patung asli yang terletak di Ukraina. Dikenal sebagai Anne de Kiev di Perancis, tokoh ini juga lazim disebut Anne of Kiev, Anna dari Kyiv, atau Anna Yaroslavna (1032-1075). Sebagai putri Yaroslav I dari Kyiv dengan istrinya Puteri Ingigerdi dari Swedia, Anne de Kiev merupakan permaisuri Perancis yang mendampingi Henry I, dan Wali Raja untuk putranya Phillip I.

TOP