Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading Dilengkapi Fasilitas Kolam Ikan Terapi

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Senin, 17 Juni 2019 18:41 WIB | Dibaca 514 kali
Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading Dilengkapi Fasilitas Kolam Ikan Terapi (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, menyediakan fasilitas kolam terapi ikan Garra Rufa. Fasilitas tersebut diberikan untuk warga yang sengaja datang untuk terapi selama 24 jam.

"Kita sengaja mengubahnya agar lebih manfaat "

Kepala BLUD Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, Selvy Devita Anggraeni mengatakan, keberadaan kolam terapi berawal dari kolam ikan biasa. Selanjutnya, mulai Maret lalu pihaknya memperuntukkan kolam ikan yang terletak di pintu masuk utama sebagai kolam terapi.

"Kita sengaja mengubahnya agar lebih manfaat. Tidak hanya sebagai estetika tapi juga memberikan manfaat bagi masyarakat," ujarnya, Senin (17/6).

Dijelaskan Selvy, secara medis terapi ikan teruji memiliki khasiat, di antaranya untuk terapi relaksasi. Selain itu, gigitan ikan juga bermanfaat menyegarkan pembuluh darah.

"Ide kita menjadikan puskesmas menjadi tempat yang nyaman disambut antusiasme warga. Tidak hanya siang saja, kadang ada yang sengaja datang terapi di malam hari," ungkapnya.

Salah seorang pengunjung, Mega (26) mengapresiasi adanya kolam terapi. Ia yang mengantar anak berobat di puskesmas pun memanfaatkan waktu menunggu untuk terapi di kolam tersebut.

"Mudah-mudahan sarananya diperluas dan bisa menampung banyak orang," tandasnya.

TOP