Dinas KPKP Adakan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Usaha Peternakan

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 13 Juni 2019 14:37 WIB | Dibaca 677 kali
Dinas KPKP Adakan Pelatihan Pemanfaatan Limbah Usaha Peternakan (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta melalui Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan (Pusyankeswannak) bekerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) mengadakan pelatihan pemanfaatan limbah usaha di bidang peternakan.

"Peserta pelatihan sebanyak 40 orang, "

Pelatihan berlangsung di Kantor Pusyankeswannak di Jalan Bambu Apus Raya, Cipayung, Jakarta Timur.

Kepala Pusyankeswannak Dinas KPKP DKI Jakarta, Renova Ida Siahaan mengatakan, pelatihan ini terdiri dari teori dan praktik pengolahan limbah rumah potong hewan unggas (RPHU) untuk dimanfaatkan menjadi pupuk dan pakan hewan.

"Pelatihan berlangsung di Kantor Pusyankeswannak, Jalan Bambu Apus Raya, Cipayung, Jakarta Timur. Jumlah peserta pelatihan sebanyak 40 orang," ujarnya, Kamis (13/6).

Renova menjelaskan, materi yang diberikan di antaranya meliputi, pengolahan limbah ayam menjadi pakan kucing, teknologi pengolahan limbah ayam menjadi pupuk, serta teknologi pengolahan limbah sapi dan budidaya maggot.

"Proses pembuatan pupuk secara bertahap hasilnya baru bisa kita lihat setelah satu bulan. Sedangkan untuk pakan hewan kita uji coba pakannya ke kucing shelter," terangnya.

Ia menambahkan, pelatihan tersebut diadakan dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan di RPHU yang ada di Jakarta.

"Nanti kami terapkan di RPHU dalam rangka penanganan limbah melalui pemanfaatannya menjadi pupuk dan pakan hewan," tandasnya.

TOP