Pemprov DKI Fasilitasi Buka Puasa Bersama di 242 RT

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Selasa, 14 Mei 2019 18:30 WIB | Dibaca 736 kali
Pemprov DKI Fasilitasi Buka Puasa Bersama di 242 RT (Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memfasilitasi buka puasa bersama di 242 wilayah Rukun Tetangga (RT).

"Memfasilitasi saudara-saudara kita yang membutuhkan, "

Dalam pelaksanaannya, Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta, Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Yayasan Dompet Dhuafa Republika (DDR), dan Yayasan Rumah Zakat.

Sebagai tindak lanjut, dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara lima wali kota dan bupati Kepulauan Seribu, dengan Ketua Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta, Vice President Yayasan Aksi Cepat Tanggap, Ketua dan Sekretaris Yayasan Dompet Dhuafa Republika, dan Chief Marketing Officer Yayasan Rumah Zakat, di Balai Kota DKI Jakarta.

Buka Puasa Bersama Tahun 2019 mengangkat tema "Ramadan: Indahnya Berbagi, Kampungnya Berseri" dengan bantuan dari Baznas Bazis DKI senilai Rp 1 miliar.

Berkolaborasi dengan tiga lembaga sosial kemanusiaan tersebut, nantinya akan disediakan sebanyak 100 paket buka puasa  per RT senilai Rp 25.000 per paket selama lima hari pada masing-masing RT mulai 15-27 Mei 2019.

"Kami ingin mengundang kepada seluruh masyarakat Jakarta. Anda kami undang untuk ikut memfasilitasi saudara-saudara kita yang membutuhkan untuk berbuka puasa," ujar Anies, usai menyaksikan langsung penandatanganan PKS, Selasa (14/5).

Anies menilai, lembaga atau yayasan yang diajak berkolaborasi memfasilitasi buka puasa bersama di 242 RT sudah terpercaya, memiliki rekam jejak dalam kegiatan sosial, dan akuntabilitas keuangannya bisa dipertanggungjawabkan.

"Insya Allah apa yang menjadi masalah di Jakarta kita bisa selesaikan bersama," tandasnya.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Yayasan Aksi Cepat Tanggap akan menyediakan paket buka puasa bersama di Jakarta Timur sebanyak 28 RT, Jakarta Utara 50 RT, dan 4 RT di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu.

Kemudian, Yayasan Dompet Dhuafa Republika di Jakarta Barat sebanyak 72 RT, dan 4 RT di Pulau Pari, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Selanjutnya, Rumah Zakat bertugas menyediakan paket berbuka di Jakarta Selatan sebanyak 30 RT, Jakarta Pusat 48 RT, dan 6 RT di Pulau Kelapa, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Masing-masing yayasan juga diwajibkan menyediakan posko umum bagi masyarakat yang ingin memberikan sumbangan seperti beras, bumbu, sayuran, atau bentuk lainnya dalam rangka mendukung acara Buka Puasa Bersama, khususnya dengan masyarakat kurang mampu.

TOP