Sudin SDA Bangun Sumur Resapan di Pulau Untung Jawa

Reporter : Suparni | Editor : F. Ekodhanto Purba | Selasa, 30 April 2019 13:09 WIB | Dibaca 998 kali
Sudin SDA Bangun Sumur Resapan di Pulau Untung Jawa (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Sebanyak lima sumur resapan dibangun di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan oleh Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kepulauan Seribu.

"Sumur resapan ini sebagai antisipasi genangan dan cadangan air tanah saat musim kemarau. Pembangunannya sendiri ditargetkan rampung pada pertengahan Mei 2019 "

Kepala Suku Dinas SDA Kepulauan Seribu, Ahmad Saiful mengatakan, untuk membangun kelima sumur resapan yang berada di dekat dermaga utama RT 01 RW 01 Kelurahan Pulau Untung Jawaitu pihaknya mengerahkan sebanyak 22 petugas PJLP.

"Sumur resapan ini sebagai antisipasi genangan dan cadangan air tanah saat musim kemarau. Pembangunannya sendiri ditargetkan rampung pada pertengahan Mei 2019," ujarnya, Selasa (30/4).

Menurutnya, selain sumur resapan dengan lebar 50 cm dan kedalaman 50-60 Cm pihaknya juga membangun 48 manhoul dengan sistem pipa drainase vertikal ukuran 4 inchi yang dibangun di sepanjang saluran lingkungan warga. Ke-24 manhoul tersebut ukuran 63 x 113 cm sudah selesai dikerjakan sementara 24 manhoul ukuran 50 x 70 cm sedang dalam pengerjaan disepanjang jalan utama Pulau Untung Jawa.

"Kita bangun dengan menggunakan besi behel, paralon, semen dan pasir split agar tidak mudah rusak jika ada beban diatas sumur resapan maupun saluran," terangnya.

Sementara itu, Lurah Pulau Untung Jawa, Supriyadi mengatakan, pihaknya juga telah mengajukan permohonan untuk pembuatan sumur resapan dengan sistem pipa drainase vertikal di jalan-jalan alternatif lainnya di Pulau Untung Jawa yang rawan genangan saat hujan.

"Ada 98 titik lainnya yang juga akan dibuat setelah pengerjaan yang sekarang rampung," tandasnya.

TOP