Dinas KPKP Adakan Pelatihan Manajemen Laboratorium

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Rabu, 24 April 2019 18:19 WIB | Dibaca 1062 kali
Dinas KPKP Adakan Pelatihan Manajemen Laboratorium (Foto : Mustaqim Amna / Beritajakarta.id)

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menyelenggarakan in house training (IHT) mengenai penyusunan dokumen sistem manajemen laboratorium sesuai ISO/IEC 17025:2017 di Laboratorium Pusat Promosi dan Sertifikasi Hasil Pertanian (PPSHP), Cibubur, Jakarta Timur.

"Pelatihan diikuti 16 peserta, "

Kepala Pusat Promosi dan Sertifikasi Hasil Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta, Wati Mutia mengatakan, pelatihan tersebut dilakukan untuk pemutakhiran dan penyesuaian dari ISO/IEC 17025 dari versi 2005 hingga versi 2017.

"Pelatihan diikuti 16 peserta yang bertugas Laboratorium PPSHP," ujarnya, melalui siaran pers, Rabu (24/4).

Wati menjelaskan, Laboratorium PPSHP telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sejak tahun 2007. Untuk itu, laboratorium harus selalu memutakhirkan sistem manajemen laboratorium ke versi terbaru untuk mempertahankan status akreditasi tersebut.

"Laboratorium PPSHP sebagai laboratorium pengujian mutu hasil pertanian yang terakreditasi harus meningkatkan kompetensi personel dan pelayanan kepada masyarakat," terangnya.

Perlu diketahui, ISO/IEC 17025:2017 memiliki beberapa perubahan dari versi sebelumnya meliputi, perubahan struktural dalam dokumen, persyaratam sistem manajemen, orientasi kepada proses, penggunaan teknologi informasi, dan konsep pemikiran berbasis risiko.

"Kami ingin memberikan pelayanan terbaik dengan hasil yang akurat dan tepat untuk setiap pengujian yang dilakukan," tandasnya.

TOP