Nelayan Pulau Sebira Panen Tangkapan Ikan Bawal

Reporter : Suparni | Editor : F. Ekodhanto Purba | Selasa, 16 April 2019 23:55 WIB | Dibaca 979 kali
Nelayan Pulau Sebira Panen Tangkapan Ikan Bawal (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Hampir selama sepekan ini perairan Pulau Sebira, Kelurahan Pulau Harapan Kepulauan Seribu Utara melakukan panen tangkap ikan bawal. 

"saat ini sedang banyak-banyaknya di perairan Pulau Sebira, "

Nelayan yang selama dua bulan terakhir menjalankan usaha ikan asin Selar, kini kembali melaut untuk mencari rezeki dengan memanfaatkan musim bawal yang sedang ramai di perairan wilayah utara (karang batang) sekitar dua mil dari Pulau Sebira.

"Bawal itu musiman dan biasanya mereka berpindah-pindah lokasi, saat ini sedang banyak-banyaknya di perairan Pulau Sebira," ujar Nursang, salah satu nelayan dan pengepul ikan warga Pulau Sebira, Selasa (16/4).

Menurutnya, saat musim seperti ini, seorang nelayan bisa membawa pulang minimal 70 kilogram hingga 1,5 kwintal dari berangkat pagi hingga sore hari.

"Mereka jual harganya Rp 35-43 ribu per kilogram kita tampung dua hari kemudian kirim ke darat biasanya ke Muara Angke dan Kamal Muara," terangnya.

Sambil menjaring ikan bawal, biasanya nelayan juga memancing ikan tenggiri yang juga banyak di perairan Pulau Sebira.

"Lumayan kadang bisa membawa pulang empat hingga lima ikan tenggiri ukuran 4-5 kilogram. Ikan tenggiri ini juga menjadi favorit para pemancing yang datang ke Pulau Sebira," tandasnya.

TOP