Sudinkes Berikan Pelatihan untuk Pemandu Wisata Air

Reporter : Suparni | Editor : F. Ekodhanto Purba | Rabu, 10 April 2019 14:32 WIB | Dibaca 590 kali
Sudinkes Berikan Pelatihan untuk Pemandu Wisata Air (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Kepulauan Seribu menggelar pelatihan dasar penanganan darurat saat kecelakaan di dalam air (basic live support and waters emergencies) bagi pemandu wisata air dan Satuan Pengamanan (Satpam) Puskesmas di Kepulauan Seribu.

" Pelatihan meliputi teori dan praktek yang ilmunya nanti dapat dimanfaatkan membantu paramedis dalam keadaan darurat"

Kepala Seksi Sumber Daya Kesehatan Suku Dinas Kesehatan Kepulauan Seribu, Drg. Evan Setiawan mengatakan, pelatihan dasar tersebut diikuti sebanyak 20 peserta. Pelatihan itu akan digelar selama tiga hari dari tanggal 10-13 April di Wisma Kedaton, Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara.

"Pelatihan meliputi teori dan praktek yang ilmunya nanti dapat dimanfaatkan membantu paramedis dalam keadaan darurat," ujarnya, Rabu (10/4).

Menurutnya, kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap tahun dengan melibatkan narasumber yang ahli dibidangnya yaitu dari tenaga ambulan 118. Pelatihan ini khusus diberikan kepada masyarakat nonmedis yang aktivitas sehari-harinya berkaitan dengan pekerjaan para medis.

"Dengan penanganan darurat, diharapkan korban bisa diselamatkan dengan cepat dan itulah tujuan pelatihan ini," tandasnya.

TOP