Dinas KUKMP Serahkan 45 Akta Pendirian Koperasi

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Kamis, 13 Desember 2018 16:10 WIB | Dibaca 1916 kali
Dinas KUKMP Serahkan 45 Akta Pendirian Koperasi (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta menyerahkan 45 Akta Pendirian Koperasi kepada 20 koperasi wirausaha dan 25 koperasi sekolah.

" Total tahun ini kita memfasilitasi 60 koperasi"

Kepala Dinas KUKMP DKI Jakarta, Adi Ariantara mengatakan, bersamaan dengan penyerahan Akta Pendirian Koperasi tersebut juga diberikan SK Pengesahan sebagai koperasi berbadan hukum.

"Total tahun ini kita memfasilitasi 60 koperasi, 15 sudah kita berikan pada 18 Oktober lalu dan sisanya diserahkan hari ini," ujarnya, Kamis (13/12).

Adi menjelaskan, dengan kepemilikan akta pendirian dan status resmi sebagai badan hukum, koperasi-koperasi tersebut dapat semakin berkembang dan memiliki akses permodalan. Sehingga, semakin memberikan manfaat bagi anggotanya.

"Kita ingin koperasi di Jakarta semakin maju dan dapat meningkatkan kesejahteraan warga, termasuk koperasi yang ada di sekolah-sekolah," terangnya.

Menurutnya, selain memonitor perkembangan koperasi tersebut Dinas KUKMP DKI Jakarta juga memberikan pendampingan agar kendala-kendala yang dihadapi bisa dicarikan solusinya.

"Kita akan membuka coaching clinic. Mudah-mudahan apa yang kita kerjakan hari ini merupakan awal keberhasilan ke depan," ungkapnya.

Adi menambahkan, bagi koperasi yang sudah mendapatkan Akta Pendirian Koperasi agar mengurus perizinan lebih lanjut yakni, Surat Izin Usaha Perdagangan, Tanda Daftar Perusahaan, Nomor Pokok Wajib Pajak, sereta rekening bank atas nama koperasi.

"Tidak kalah penting, koperasi harus melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan membuat laporan. JIka tidak dilakukan, maka koperasi itu bisa dibekukan," katanya.

Sementara, salah seorang pengurus Koperasi SMK Negeri 41, Wahyu Idawati menyambut baik langkah Dinas KUKMP DKI Jakarta yang telah memfasilitasi kepemilikan Akta Pendirian Koperasi.

"Alhamdulillah, selain gratis prosesnya juga tidak memakan waktu lama. Kami baru menyampaikan usualan di November lalu dan hari ini sudah diserahkan, kita sangat terbantu sekali," tandasnya.

TOP