20.000 Warga Meriahkan Kibar Budaya Cinte Betawi

Reporter : Agustian Anas | Editor : Agustian Anas | Minggu, 23 November 2014 17:41 WIB | Dibaca 4903 kali
(Foto : Agustian Anas / Beritajakarta.id)

Sebanyak 20.000 warga Jakarta mengikuti kegiatan Kibar Budaya untuk Negeri Cinte Betawi 3 yang diselenggarakan oleh Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (23/11).

" Pemprov DKI memberikan Apresiasi setinggi-tingginya kepada LKB yang senantiasa memiliki inovasi untuk melibatkan masyarakat dalam pelestarian budaya Betawi melalui Kibar Budaya untuk Negeri Cinte Betawi ke-3 hari ini"

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk parade, pagelaran, bazar produk budaya, dan jalan sehat ini dibuka oleh Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata, Sylviana Murni.

"Pemprov DKI memberikan Apresiasi setinggi-tingginya kepada LKB yang senantiasa memiliki inovasi untuk melibatkan masyarakat dalam pelestarian budaya Betawi melalui Kibar Budaya untuk Negeri Cinte Betawi ke-3 hari ini," ujar Sylviana.

Ketua Umum LKB, Tatang Hidayat, mengatakan, kegiatan tahunan ini merupakan kontribusi LKB kepada pemerintah dalam mengimplementasikan Undang Undang No 29 tahun 2007 tentang Pemprov DKI Jakarta sebagai ibu kota Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Oleh karenanya diharapkan pemerintah dapat memperbanyak program pembinaan serta memberikan dukungan operasional kepada sanggar-sanggar seni tradisional Betawi. DPRD DKI juga diharapkan segera menerbitkan perda pelestarian budaya Betawi agar menjadi landasan kebijakan bagi Pemprov DKI Jakarta di masa yang akan datang," katanya.

Sementara itu, kegiatan ini juga memperoleh rekor MURI atas pemakaian kaos bermotif batik Betawi terbanyak. Acara ditutup dengan pembagian doorprize kepada peserta jalan sehat dengan hadiah utama sebuah mobil.