Anies Hadiri Pencanangan GISA Kependudukan di DKI

Reporter : Mustaqim Amna | Editor : Toni Riyanto | Minggu, 04 November 2018 14:30 WIB | Dibaca 729 kali
(Foto : Punto Likmiardi / Beritajakarta.id)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) Kependudukan di Provinsi DKI Jakarta yang diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

" Saya minta seluruh SKPD terkait untuk memastikan integrasi administrasi data kependudukan "

Anies mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sangat mendukung GISA Kependudukan. Sehingga, konsep "One Map, One Data, dan One Policy" di Ibukota bisa segera terwujud. 

"Saya minta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk memastikan integrasi administrasi data kependudukan di Jakarta berjalan dengan baik," ujarnya, di Rusun Jati Rawasari, Jl Mardani Raya, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (4/11).

Anies menginginkan, seluruh warga DKI Jakarta agar tertib administrasi kependudukan, mulai dari Akta Kelahiran dan yang lainnya.

"Hal itu harus dilakukan agar kewajiban pemerintah kepada warga bisa ditunaikan. Selain itu, pemerintah juga tahu kemana harus bertanggung jawab atas pelayanan yang diberikan," terangnya.

Anies mengapresiasi segala usaha dari Kemendagri, terutama dalam merangkul Jakarta untuk membangun sistem satu pintu tersebut. 

"Kita sangat apresiasi sekali kinerja Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri yang sudah memungkinkan DKI untuk memberikan pelayanan dengan baik," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh menambahkan, GISA merupakan program nasional untuk merealisasikan single identity number (SIN).

"Kami akan mengoptimalkan SIN untuk semua keperluan, mulai anak sekolah, perbankan, bantuan sosial, perizinan, hingga pajak kendaraan, cukup dengan NIK," paparnya.

Zudan menjelaskan, pihaknya bertekad menjadikan DKI Jakarta sebagai pilot project layanan publik berbasis data kependudukan.

"Kami berharap, warga DKI dapat ikut proaktif menyukseskan berbagai program kependudukan," tandasnya.