Rangkaian Kereta MRT Jakarta Jalur Lebak Bulus-Cipete Raya Diuji Coba

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : F. Ekodhanto Purba | Sabtu, 11 Agustus 2018 13:06 WIB | Dibaca 1003 kali
(Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Hari ini PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta melakukan System Acceptance Test (SAT) atau uji coba terhadap rangkaian kereta MRT Jakarta jalur Lebak Bulus-Cipete Raya.

"Bedanya, jika kemarin uji coba hanya dilakukan di Depo Lebak Bulus, hari ini rutenya diperpanjang hingga ke Stasiun Cipete Raya "

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar mengatakan, uji coba tersebut merupakan lanjutan dari uji coba yang telah dilakukan sebelumnya, Kamis (9/8). Maka secara garis besar uji coba saat ini.

“Bedanya, jika kemarin uji coba hanya dilakukan di Depo Lebak Bulus, hari ini rutenya diperpanjang hingga ke Stasiun Cipete Raya," tuturnya, Sabtu (11/8).

Dijelaskan, uji coba dilakukan dengan menjalankan kereta di jalur up-track (rel menuju Stasiun Bundaran Hotel Indonesia) lalu kereta berpindah ke jalur down-track (rel dari Stasiun Bundaran Hotel Indonesia ke Stasiun Lebak Bulus).

"Harapannya uji coba hari ini bisa berjalan sukses seperti uji coba kemarin," jelasnya.

Ia menambahkan, dalam pengoperasiannya, kereta MRT Jakarta menggunakan sistem persinyalan Communication Based Train Control (CBTC) yang dikendalikan dari ruangan Operation Control Center (OCC) oleh Traffic Dispatcher.

“Kelebihan sistem persinyalan ini memungkinkan pengaturan rentang waktu antarkereta di jalur utama," tandasnya.