HBKB Jl Pemuda Rawamangun Diisi Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Minggu, 22 Juli 2018 13:29 WIB | Dibaca 1267 kali
HBKB Jl Pemuda Rawamangun Diisi Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur menggelar sosialisasi penanggulangan kebakaran di kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) Jalan Pemuda, Rawamangun.

" Sosialisasi penanggulangan kebakaran ini rutin kita berikan setiap minggu ketiga atau ke empat dalam kegiatan HBKB"

Pengunjung HBKB cukup antusias dengan sosialisasi yang juga diisi dengan praktik langsung pemadaman kebakaran.

Pantauan di lapangan, ratusan warga yang tengah menikmati HBKB, banyak menghampiri stant tempatsosialisasi penanggulangan kebakaran. Ada 10 petugas Gulkarmat yang memberikan sosialisasi, pemberian materi secara teori maupun praktik penanggulangan kebakaran menggunakan handuk basah.

Kasi Pencegahan Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Edi Parwoko mengatakan, dalam sosialisasi ini pihaknya banyak memberikan materi. Seperti edukasi tentang bahaya kebakaran, cara pencegahan dan penanggulangannya.

Selain itu, pihaknya membagikan 200 lembar browsur dan 200 eksemplar buku cerita bergambar tentang penanggulangan kebakaran. "Dalam HBKB ini pengunjung juga diperkenalkan peralatan rescue. Kemudian bagi anak-anak diberikan kesempatan nonton bareng film animaai tentang kebakaran," kata Edi Parwoko, Minggu (22/7).

Tak hanya itu, anak-anak yang hadir juga diberikan kesempatan untuk berfoto menggunakan fire jacket serta diperkenalkan tentang peralatan pendukung petugas pemadam kebakaran.

Sofyan (34), salah seoeang pengunjung mengatakan, sosialisasi penanggulangan kebakaran di HBKB sangat tepat. Karena mereka yang datang  tidak hanya untuk berolaharaga namun juga mendapatkan ilmu pengetahuan tentang penanggulangan kebakaran.

"Mumpung libur, kita olaharaga dan bonusnya dapat ilmu pengetahuan tentang penanggulangan kebakaran," tandasnya.

TOP