Wali Kota Jakut Groundbreaking Program Bedah Rumah 2018

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Budhy Tristanto | Rabu, 28 Februari 2018 20:45 WIB | Dibaca 451 kali
(Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad, melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah dhuafa warga RT 12/02 Kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priok. Ini merupakan program bedah rumah yang diadakan Badan Amil, Zakat, Infaq dan Shadaqah (Bazis). 

" Bedah rumah ini diperuntukkan bagi warga yang tidak mampu. "

Dikatakan Husein, total akan ada 31 rumah di Jakarta Utara yang akan diperbaiki melalui program bedah rumah ini. Perbaikan dilakukan melalui hasil dana pengumpulan dana ZIS tahun 2017 lalu sekitar Rp 18,6 miliar.

"Bedah rumah ini diperuntukkan bagi warga yang tidak mampu. Tahun depan mudah-mudahan bisa 62 rumah," katanya, Rabu (28/2).

Kepala Bazis Jakarta Utara, Hari Agusti Hiyayat menjelaskan, proses pemilihan rumah yang akan dibedah berdasarkan kriteria milik sendiri, tidak dalam sengketa dan pemilik rumah aktif di lingkungan masyarakat.

"Anggaran pembangunannya kita anggarkan per meter persegi Rp 2 juta. Maksimal luasan yang kita bangun 30 meter persegi," ujarnya.

Dijelaskan Hari, saat ini pihaknya sudah mendata 27 rumah dari total rencana 31 rumah yang akan dibedah di Jakarta Utara. Dari jumlah itu, sembilan di antaranya sudah dilakukan pembongkaran dan akan segera dilakukan pembangunan.

"Tahap pertama yang sudah siap ada sembilan rumah. Letaknya ada di Kecamatan Tanjung Priok, Penjaringan dan  Pademangan," tandasnya.