DKI Gelar Jakarta Cosplay Parade

Reporter : Folmer | Editor : Erikyanri Maulana | Jumat, 10 Oktober 2014 20:19 WIB | Dibaca 9332 kali
DKI Gelar Jakarta Cosplay Parade (Foto : Yopie Oscar / Beritajakarta.id)

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta akan menggelar Jakarta Cosplay Parade (JCP) di Silang Monas sisi Timur dan Selatan, Minggu (2/11) mendatang.

"Di Jepang dan Korea, cosplayer diterjunkan di sejumlah bus pariwisata sebagai guide, mungkin bagus juga diterapkan di ibu kota "

Acara ini merupakan pertama kalinya digelar secara skala besar sebagai momen untuk mengingatkan kembali karakter Indonesia yang tidak kalah hebat dalam karakter manga, anime, film, komik, dan video games dari luar negeri.

Ribuan cosplayer atau orang mengenakan kostum tokoh komik dan legenda akan ikut serta memeriahkan acara JCP.

"Di Jepang dan Korea, cosplayer diterjunkan di sejumlah bus pariwisata sebagai guide, mungkin bagus juga diterapkan di ibu kota," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama di Balaikota, Jumat (10/10).

Ia mengatakan, pihaknya mendukung kreativitas dan inovasi generasi muda yang menekuni seni budaya populer melalui karya cosplay.    

"Kegiatan ini untuk mengapresiasi generasi muda terhadap budaya populer sebagai potensi meningkatkan pariwisata serta pengembangan ekonomi kreatif di ibu kota," ujar Basuki.

Kepala Disparbud DKI Jakarta, Arie Budhiman mengungkapkan, pihaknya berencana menggelar JCP setiap tahun.

"Hajatan ini merupakan pertama kali digelar di Jakarta dan akan diagendakan sebagai kegiatan rutin tahunan," ungkapnya. 

Ia menambahkan, penyelenggaraan JCP 2014 ini mengangkat tema "Rising of Indonesian Legend".

"Jakarta Cosplay Parade ini menampilkan pahlawan Indonesia seperti Carok, Gundala Putra Petir, Gatot Kaca, Pandawa Lima, dan lainnya. Acara ini kami harapkan dapat memberi motivasi pelaku pop art khususnya cosplayer untuk mempromosikan Jakarta sebagai destinasi pariwisata dan budaya populer ke dunia internasional," tambahnya.

Sekadar diketahui acara JCP 2014 di Silang Monas akan dihadiri pula para cosplayer luar negeri seperti Belanda, Malaysia, Singapura dan Korea Selatan.

Pada kegiatan yang berlangsung seharian dan terbuka untuk umum, juga menggelar workshop, lomba foto, lomba kostum dan lainnya.

TOP