Jalan Kesatrian X Kebon Manggis Ambles

Reporter : Nurito | Editor : Rio Sandiputra | Selasa, 13 Februari 2018 16:39 WIB | Dibaca 1725 kali
(Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Jalan Kesatrian X, Kompleks TNI AD Berlan, RT 12/03, Kelurahan Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur ambles. Untuk mencegah kerusakan semakin parah, warga menutup ruas jalan yang tepat berada di sisi Kali Ciliwung tersebut.

" Warga nambal dengan semen tapi tak bertahan lama, jadi retak dan ambles lagi"

Jalan yang menghubungkan Kompleks Berlan dan kawasan Manggarai, Jakarta Selatan ini ambles sekitar 100 meter. Rata-rata tingkat penurunannya sekitar 15 sentimeter. Bagian yang ambles ini juga banyak yang retak dengan lebar sekitar 10 hingga 25 sentimeter.

Akhyar (57), warga sekitar menuturkan, amblesnya jalan yang memiliki lebar enam meter ini mulai terlihat sejak dua pekan lalu. Oleh warga jalan retak itu ditambal dengan semen. Namun tak bertahan lama, jalan kembali retak dan makin lebar.

Pada hari Minggu (11/2) lalu sekitar pukul 17.00 jalan tersebut mengalami pergeseran. Pada pukul 22.30 kondisinya semakin parah, selain retak juga ambles. 

"Warga menambal dengan semen tapi tak bertahan lama, jadi retak dan ambles lagi. Kemarin juga sudah ditambal sementara oleh Sudin Bina Marga tapi ambles lagi dan makin lebar," ujarnya, Selasa (13/2).

Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Sudin Bina Marga Jakarta Timur, Benny Situmorang mengatakan, jalan ambles itu sebenarnya sudah ditangani dengan cara ditambal dengan sirtu dan bagian retaknya dipadatkan. Namun bagian yang retak itu kembali mengalami pergeseran hingga semakin lebar retaknya dan ambles.

"Jalan itu retak karena bantaran kalinya belum di-sheet pile. Kita sudah tindaklanjuti penanganan sementara dengan ditambal. Kita juga harus koordinasi dengan SDA terlebih dulu agar turapnya diperbaiki lebih dulu," kata Beny Situmorang.

Sementara, Kepala Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur, Mustajab mengatakan, perbaikan turap di Kali Ciliwung merupakan kewenangan BBWSCC. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan unit tersebut agar segera dilakukan penanganan.

"BBWSC akan memasang bronjong untuk penanganan sementara. Tapi kami sudah berkoordinasi untuk melakukan perbaikan," tandasnya.