Sandi Ingin Kepulauan Seribu Jadi Kawasan Ekowisata Bertaraf Internasional

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Toni Riyanto | Senin, 29 Januari 2018 17:30 WIB | Dibaca 893 kali
(Foto : Punto Likmiardi / Beritajakarta.id)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menginginkan, Kabupaten Kepulauan Seribu bisa menjadi kawasan ecotourism (ekowisata) dan maritim bertaraf internasional.

" Sekarang, kita tempatkan Kepulauan Seribu menjadi beranda terdepan Jakarta"

Menurutnya, ekowisata merupakan kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial, budaya, ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan. Sehingga, diharapkan penyerapan tenaga kerja juga bisa meningkat dan lingkungan dapat tetap lestari.

"Sekarang, kita tempatkan Kepulauan Seribu menjadi beranda terdepan Jakarta," kata Sandi, saat berkantor di Pulau Bidadari, Kelurahan Pulau Untung Jawa,Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Senin (29/1).

Dijelaskannya, untuk mewujudkan Kepulauan Seribu sebagai kawasan ekowisata diperlukan kerja sama multisektor, baik dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), maupun pihak swasta dan masyarakat itu sendiri.

"Saya sudah menugaskan Kepala Biro Perekonomian untuk memonitor dan memastikan angka-angka pencapaian ekonomi dan lapangan kerja di sini," terangnya.

Sandi menambahkan, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kepulauan Seribu perlu lebih dikembangan. Terutama, dapat dilakukan melalui pendekatan program One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE).

"Kita juga ingin memastikan adanya Jak Grosir serta pengembangan budidaya laut di Kepulauan Seribu," tandasnya.