Pembuatan IPAL Komunal Kemayoran Sudah 80 Persen

Reporter : Wuri Setyaningsih | Editor : Rio Sandiputra | Selasa, 05 Desember 2017 14:06 WIB | Dibaca 860 kali
(Foto : Wuri Setyaningsih / Beritajakarta.id)

Pembuatan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) komunal di RW 07, Kelurahan Kemayoran, Jakarta Pusat telah mencapai 80 persen. Saat ini pengerjaan penutupan lubang utama dan akan dilanjutkan pemasangan instalasi saluran ke rumah warga.

" Tahapan sudah 80 persen. Untuk pekerjaan pembuatan saluran ke rumah tangga atau saluran resipien (SR) dikerjakan seiring dengan penutupan lubang utama"

"Tahapan sudah 80 persen. Untuk pekerjaan pembuatan saluran ke rumah tangga atau saluran resipien (SR) dikerjakan seiring dengan penutupan lubang utama," ujar Bangun Manalu, Lurah Kemayoran, Selasa (5/12).

Menurut Bangun, saat ini kelompok swadaya masyarakat kelurahan sedang mengerjakan lubang utama IPAL. Diharapkan dengan adanya IPAL, kebersihan lingkungan dan kesehatan warga akan meningkat.

Jamhari (50) salah satu warga RT 09/07 mengungkapkan kegembiraannya terkait adanya IPAL komunal di permukimannya. "Ini merupakan kebutuhan kita. Saya harap dengan lingkungan yang padat di sini pembangunan IPAL terus ditambah," tandasnya.

Pembangunan IPAL dengan panjang 12 meter lebar dua meter kedalaman tiga meter tersebut merupakan program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI. Untuk pembangunan IPAL ini dianggarkan dana sebesar Rp 425 juta.