Sudin Kominfotik Kepulauan Seribu Gelar Bimtek Aplikasi CRM

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Rio Sandiputra | Selasa, 05 September 2017 18:28 WIB | Dibaca 1704 kali
Sudin Kominfotik Kepulauan Seribu Gelar Bimtek Aplikasi CRM (Foto : Rudi Hermawan / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) Kabupaten Kepulauan Seribu menggelar bimbingan teknis (Bimtek) aplikasi Citizen Relationship Management (CRM). Aplikasi CRM ini difungsikan oleh aparatur pemerintah untuk melihat dan menindaklanjuti laporan warga.

"Sebelumnya itu (laporan) diolah, kemudian baru ke tingkat SKPD, UKPD terkait. Aplikasi ini baru kita uji coba"

Bupati Kepulauan Seribu, Irmansyah mengatakan, aplikasi CRM ini memiliki fitur yang lengkap, sehingga memudahkan pemantauan laporan masyarakat dan koordinasi antar SKPD. Ini merupakan salah satu Key Performance Indicator (KPI) bupati, wakil bupati dan sekretaris kabupaten (Sekkab). 

"Bupati, wakil bupati dan sekkab kan tidak mengisi kinerja. Ukurannya adalah seberapa besar keluhan masyarakat itu yang bisa kita selesaikan sesuai dengan anggaran yang ada dan dibutuhkan," kata Irmansyah, Selasa (5/9).

Sementara itu, Kepala Sudin Kominfotik Kepulauan Seribu, Bandok Eko Priambodo menambahkan, melalui aplikasi CRM ini masyarakat bisa mengirimkan keluhan atau berita dari tiwtter, facebook dan sosial media (sosmed) lainnya.

"Sebelumnya itu (laporan) diolah, kemudian baru ke tingkat SKPD, UKPD terkait. Aplikasi ini baru kita uji coba," tandasnya.

Aplikasi CRM digunakan aparatur pemerintahan di lingkungan Provinsi DKI Jakarta untuk menampung dan menindaklanjuti laporan warga. Aplikasi ini dapat terintegrasi lebih stabil dengan Qlue sehingga laporan warga dapat tertampung dengan lebih baik.

TOP