Sektor Pariwisata DKI Terus Dibenahi

Reporter : Folmer | Editor : Budhy Tristanto | Rabu, 12 Juli 2017 00:04 WIB | Dibaca 1109 kali
Sektor Pariwisata DKI Terus Dibenahi  (Foto : Folmer / Beritajakarta.id)

Pembenahan sektor pariwisata di Ibukota menjadi salah satu program kerja Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan- Sandiaga Uno. 

" Sektor pariwisata memiliki peluang besar dalam menyumbangkan pendapatan besar ke kas daerah"

Anggota Tim Sinkronisasi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Rikrik Rizkiyana mengatakan, pembenahan dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).   

"Pembenahan sektor pariwisata yang akan dilakukan di antaranya bagaimana mem-branding enjoy Jakarta dan penataan kembali Kepulau Seribu sebagai salah satu destinasi wisata bahari," ukarnya, saat rapat focus group discussion (FDG) bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) terkait di ruang Pola Bappeda Blok G, Lantai 2, Balai Kota, Selasa (11/7).

Sementara itu, Kepala Bappeda DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengungkapkan, sektor pariwisata akan menjadi andalan perekonomian di Ibukota. 

"Sektor pariwisata memiliki peluang besar dalam menyumbang pendapatan besar ke kas daerah," katanya. 

Ia menambahkan, banyak potensi pariwisata yang belum digali secara optimal dengan berbagai alasan. 

Dia mencontohkan, investor pariwisata di Kepulauan Seribu kurang tertarik menanamkan modal karena aturan tata ruang yang berlaku. Koefisien Dasar Bangunan (KDB) masih rendah sehingga tidak bisa dibandingkan dengan Pulau Maldives yang menjadi tempat wisata ternama di dunia. 

"Regulasi ini perlu di-review kembali guna mewujudkan Kepulauan Seribu menjadi destinasi wisata bahari ternama di dunia," tandasnya.

TOP