Saluran Jl Bisma Raya Tanjung Priok Dikeruk

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Erikyanri Maulana | Sabtu, 30 Agustus 2014 13:55 WIB | Dibaca 3412 kali
Saluran Jl Bisma Raya Tanjung Priok Dikeruk (Foto : / Beritajakarta.id)

Untuk meminimalisir timbulnya genangan, Sudin Pekerjaan Umum (PU) Jakarta Utara mulai mengeruk sejumlah saluran penghubung (PHB) maupun kali yang mengalami pendangkalan.

"Bechoe su dah mulai bekerja, besok baru akan ditambah tenaga orang untuk lakukan pengurasan"

Seperti hari ini, Sabtu (30/8), pengerukan dilakukan di Saluran PHB Jl Bisma Raya, Papanggo, Tanjung Priok serta Kali Terusan Warung Jengkol di Pegangsaan Dua, Kelapagading.

Pengurasan saluran PHB Jl Bisma Raya dilakukan sepanjang satu kilometer. Selama ini, kondisi saluran selebar empat meter itu dipenuhi lumpur sehingga kerap meluap saat turun hujan.

Kasie Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Sumber Daya Air, Sudin PU Tata Air Jakarta Utara, Kuryatna Atmaja mengatakan, pihaknya mengerahkan satu alat berat untuk mengeruk saluran PHB Jl Bisma Raya.

"Saat ini baru mengeruk dengan alat berat. Bechoe sudah mulai bekerja, besok baru akan ditambah tenaga orang untuk lakukan pengurasan," ujar Kuryatna, Sabtu (30/8).

Sedangkan pengerukan Kali Terusan Warung Jengkol sepanjang 400 meter sudah dilakukan sejak Kamis (28/8). Kali ini mengalami pendangkalan dari semula memiliki kedalaman 2,5 meter kini hanya menyisakan 1,5 meter. 

"Kami mendapat laporan kali itu kerap meluap saat hujan besar sehingga lingkungan di RW 02 dan 09 Pegangsaan tergenang. Rencananya akan dikeruk satu meter lagi," katanya.

Ditambahkan Kuryatna, pengerukan saluran PHB Jl Bisma Raya dan Kali Terusan Warung Jengkol ditargetkan rampung akhir September mendatang.

Selain kedua lokasi itu, secara bertahap sekitar 90 saluran PHB dan kali lainnya di Jakut juga akan di normalisasi mulai awal September 2014.

TOP