DKI Matangkan Persiapan Asian Para Games 2018

Reporter : Adriana Megawati | Editor : Budhy Tristanto | Rabu, 03 Mei 2017 19:01 WIB | Dibaca 719 kali
DKI Matangkan Persiapan Asian Para Games 2018  (Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, terus mensosialisasikan persiapan Asian Para Games yang akan digelar 6-16 Oktober 2018 di Ibukota.

" Indonesia benar-benar membuktikan ramah disabilitas. "

Kegiatan ini merupakan pesta olahraga bagi penyandang disabilitas se-Asia yang akan mempertandingkan 17 cabang olahraga.

Sosialisasi yang digelar di Ruang Pola Balai Kota DKI Jakarta, dibuka oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat (Askesra) DKI Jakarta Fatahillah, serta dihadiri Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Kementrian Pemuda dan Olahraga Indonesia (Kemenpora), Isnanta.

Kemudian Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, I Nyoman Shuida.

Lalu, Ketua Indonesia Asian Para Games Organizing Commitee (INAPGOC), Raja Sapta Oktohari serta perwakilan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov DKI Jakarta.

"Seluruh SKPD kita sudah siap, tinggal pembagian tugasnya saja," ujar Fatahillah, Rabu (3/5).

Sementara itu, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia (Kemenpora), Isnanta menambahkan, DKI harus menjadi contoh untuk kota lain menggelar Asian Para Games.

"Kalau Jakarta sudah memulainya, nanti yang lain gampang mengikutinya. Indonesia benar-benar membuktikan ramah disabilitas. Karena tugas utama Asian Para Games adalah mengedepankan aspek sosial," kata  Isnanta.

Hal senada diutarakan Ketua Indonesia Asian Para Games Organizing Commitee (INAPGOC), Raja Sapta Oktohari. Dia menilai, Pemprov DKI sudah siap menggelar event ini. Itu terlihat dari beberapa sarana transportasi khusus penyandang disabiltas yang sudah disiapkan.  

"Sekitar 600 armada yang sudah ramah disabilitas dan 25 di antaranya disiapkan untuk membantu Asian Para Games 2018 oleh Transjakarta," tegas Okto.

Ada pun 17 Cabang Olahraga yang akan dipertandingkan dalam Asian Para Games 2018, yakni, Archery (panah), atletik, badminton, boccia, catur, goal ball,  lawn ball, judo, powerlifting, shooting, renang, bowling, tenis meja, voli duduk, basket kursi roda, anggar kursi roda dan tenis kursi roda.

TOP