Produk Unggulan Binaan Dinas PE DKI Ramaikan IKM Expo

Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing | Editor : Nani Suherni | Selasa, 06 Desember 2016 18:32 WIB | Dibaca 2694 kali
Produk Unggulan Binaan Dinas PE DKI Ramaikan IKM Expo (Foto : Aldi Geri Lumban Tobing / Beritajakarta.id)

Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian RI dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menggelar Pameran IKM Expo ke-8 Tahun 2016 di Plaza Pameran Kementerian Perindustrian RI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (6/12).

" Selain menggalakan industri kecil menengah, tentu saja ini dapat memberikan efek positif terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan "

Kegiatan bertema "Saatnya Menggunakan Produk Dalam Negeri" ini berlangsung pada 6-9 Desember 2016 dan diikuti oleh sekitar 81 IKM binaan Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta.

Para IKM dari lima wilayah dan satu kabupaten di DKI Jakarta ini menampilkan produk-produk unggulan mereka seperti, kuliner, fashion, batu akik, dan produk lainnya.

Asisten Deputi Gubernur Bidang Industri, Perdagangan dan Transportasi, Sahat Parulian mengatakan, IKM binaan ini sudah melalui tahap seleksi dan telah memenuhi persyaratan dari aspek kesehatan, kualitas, kehigienisan, termasuk bersertifikat halal. "Kami ada seleksi, jadi nggak sembarang bisa ikut. Tahun kemarin 70-an, sekarang meningkat jadi 81 peserta," ujar Sahat.

Dikatakan Sahat, kegiatan ini untuk mempromosikan dan memperkuat citra maupun branding produk IKM Provinsi DKI Jakarta pada pasar nasional. Diharapkan, ada peran dan dukungan seluruh pemangku kepentingan dalam upaya mendorong pertumbuhan sektor industri nasional. "Sasarannya adalah para buyers potensial, Kadin ini kan anggotanya banyak dan mereka juga mengajak stakeholder-nya, sehingga para IKM bisa membuka jaringan pemasaran," kata Sahat.

Ditambahkan Sahat, dengan memperkenalkan produk-produknya, bisa membuka mata masyarakat supaya lebih menggunakan produk dalam negeri dibandingkan produk impor.

"Tentu saja ini dapat memberikan efek positif terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan anak bangsa. Produk dalam negeri juga punya daya saing," tandasnya.

TOP