Perjalanan Transjakarta Rawamangun-Tosari Hanya 35 Menit

Reporter : Nurito | Editor : Budhi Firmansyah Surapati | Jumat, 21 Oktober 2016 12:03 WIB | Dibaca 13669 kali
Perjalanan Transjakarta Rawamangun-Tosari Hanya 35 Menit (Foto : Nurito / Beritajakarta.id)

Sejumlah rekayasa lalu lintas di koridor IV Transjakarta diberlakukan untuk mempercepat waktu tempuh. Hasilnya, kini waktu tempuh dari Jalan Pemuda Rawamangun ke Jalan Sudirman kini hanya butuh waktu sekitar 35 menit.

" Setelah ditelusuri ternyata titik kemacetan terdapat di Jalan Matraman. Makanya kita lakukan rekayasa lalu lintas di Matraman"

Manajer Humas PT Transjakarta, Prasetyo Budi mengatakan, layanan Bus Transjakarta di koridor IV ini melayani dua rute, yakni Pulogadung-Dukuh Atas dan Pulogadung-Grogol, melewati Jalan Pemuda, Jalan Pramuka, Jalan Diponegoro, Jalan Imam Bonjol, Jalan Sudirman serta Jalan S Parman.

Di koridor ini hampir setiap pagi hari mengalami kemacetan lalu lintas. Hingga banyak penumpang yang terlambat masuk kerja.

"Setelah ditelusuri ternyata titik kemacetan terdapat di Jalan Matraman. Makanya kita lakukan rekayasa lalu lintas di Matraman," katanya, Jumat (21/10).

Rekayasa dilakukan mulai dari traffic light perempatan Matraman hingga traffic light pertigaan Jalan Tambak, sepanjang sektar satu kilometer. Bus Transjakarta dari arah Pulogadung menuju Jalan Sudirman dilakukan contra flow, mulai dari pukul 05.00-09.00.

Setelah dilakukan contra flow ternyata waktu tempuh jadi menghemat sekitar 20-30 menit. Jika sebelumnya waktu tempuh dari Rawamangun ke Tosari di Jalan Sudirman sekitar 50-60 menit kini hanya 25-35 menit. Terutama dari pukul 05.00-09.00.

Di areal contra flow, petugas melakukan penjagaan secara ketat agar tidak terjadi kecelakaan. Sekitar sembilan aparat kepolisian dan 18 petugas patroli dari PT Transjakarta dikerahkan. Mereka berjaga-jaga di dua lokasi traffic light itu sambil melakukan pengaturan lalu lintas.

TOP