80 Peserta Ikuti Lomba Abnon Cilik LKB

Reporter : Agustian Anas | Editor : Agustian Anas | Minggu, 22 Juni 2014 16:51 WIB | Dibaca 7023 kali
(Foto : / Beritajakarta.id)

Sebanyak 80 peserta mengikuti lomba Abang None (Abnon) Cilik yang digelar Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), di Kampung Budaya Betawi di Arena Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran, Jakarta Pusat.

" "

Lomba yang diikuti oleh peserta dari Jabotabek ini dibuka oleh Wakil Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Tinia Budiarti. Puluhan peserta tampak antusias mengikuti jalannya lomba.

Ketua Umum LKB, Tatang Hidayat mengungkapkan kegiatan ini merupakan salah satu komitmen LKB sebagai pemangku budaya Betawi.

"Lemahnya suatu bangsa bisa jadi lantaran terserabutnya nilai-nilai pengetahuan sejarah dan budaya pada generasi muda. LKB sebagai salah satu komponen masyarakat Betawi, berkewajiban melakukan penguatan cinta tanah air pada generasi muda dan anak usia dini melalui pendekatan budaya, " ujar Tatang, saat membuka lomba, Minggu (22/6).

Lomba Abnon Cilik ini, kata Tatang, merupakan langkah konkret LKB dan PT Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran dalam upaya pengguatan kearifan lokal yang bertujuan memperkenalkan budaya Betawi sejak usia dini agar mereka tumbuh dan berkembang dengan identitas karakter yang berbudaya.

"Para pemenang lomba Abnon Cilik ini masing masing mendapatkan piala, piagam, dan uang pembinaan dari LKB," ungkapnya.

Tinia Budiarti berharap kegiatan ini dapat digelar setiap tahunnya. "Semoga langkah konkret LKB ini dapat dipermanenkan setiap tahunnya dengan harapan agar budaya Betawi tetap kokoh keberadaannya sehingga mampu membentuk karakter generasi muda Jakarta," harap Tinia.

Sementara itu, pihak JIExpo sebagai fasilitator lomba berjanji akan terus bermitra dengan LKB dalam penguatan budaya lokal.

"Jiexpo berkewajiban untuk terlibat langsung dalam pelestarian budaya Betawi dan dia harus jadi tuan rumah di kampungnya sendiri," kata Yahya, yang mewakili Direksi JIExpo.