1.200 Peserta & 30 Mobil Hias Ramaikan Jakarnaval

Reporter : Rudi Hermawan | Editor : Widodo Bogiarto | Jumat, 20 Juni 2014 14:04 WIB | Dibaca 4135 kali
1.200 Peserta & 30 Mobil Hias Ramaikan Jakarnaval (Foto : / Beritajakarta.id)

Menjelang peringatan HUT ke-487 Kota Jakarta, Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar Jakarnaval. Even tahunan ini akan digelar Minggu (22/6) mendatang dengan melibatkan 1.200 peserta jalan kaki, lima topeng raksasa, serta lima grup dari daerah, seperti Bali, Ponorogo, Surakarta, Indramayu, dan Kalimantan Timur.

" Acara Jakarnaval ini merupakan bagian dari perayaan HUT Jakarta. Arak-arakan Jakarnaval akan dimulai dari patung kuda sampai Bundaran Hotel Indonesia (HI)"

Kepala Bidang Pengelolaan Daya Tarik Destinasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Ida Subaidah menjelaskan,  selain melibatkan ribuan peserta serta budaya dari luar Jakarta, Jakarnaval tahun ini juga akan diramaikan 30 kendaraan hias dari sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

"Acara Jakarnaval ini merupakan bagian dari perayaan HUT Jakarta. Arak-arakan Jakarnaval akan dimulai dari patung kuda sampai Bundaran Hotel Indonesia (HI)," kata Ida Subaidah di Balaikota, Jumat (20/6).

 

Ida mengatakan, sebagai langkah persiapan, Disparbud DKI menggandeng Asosiasi Karnaval Indonesia (AKARI) DKI Jakarta dengan menyelenggarakan workshop yang diikuti oleh 300 peserta dari komunitas seni budaya. "Mereka mendapatkan pengarahan dan pendampingan dari para pengajar profesional, untuk membuat karya topeng dan kostum yang akan digunakan oleh masing-masing peserta karnaval," terangnya.

Menurut Ida, berbeda dengan tema tahun lalu yakni 'Keajaban Ondel', tahun ini digelar Jakarnaval dengan tema 'Keajaiban Topeng Nusantara'. Adapun tema tersebut memiliki banyak sekali makna yang terkandung.

TOP