3 Kelurahan di Jakut akan Jadi Kampung KB

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Budhi Firmansyah Surapati | Kamis, 28 April 2016 22:26 WIB | Dibaca 10584 kali
3 Kelurahan di Jakut akan Jadi Kampung KB (Foto : Istimewa / Beritajakarta.id)

Tiga kelurahan di Jakarta Utara, akan diresmikan menjadi kampung Keluarga Berencana (KB). Dari tiga kelurahan, hanya Kelurahan Pademangan Timur yang sudah diresmikan. Sedangkan dua lainya, Kelurahan Sungai Bambu dan Kelurahan Marunda, akan menyusul diresmikan pada tahun ini.

"Saya meminta agar semua UKPD untuk berperan aktif dalam menyukseskan program kampung KB sesuai tupoksi masing-masing "

Plt Wali Kota Jakarta Utara, Wahyu Haryadi mengatakan, ketiga kelurahan yang direncanakan menjadi kampung KB merupakan tahap awal dari keseluruhan 31 kelurahan di Jakarta Utara. Secara bertahap, kelurahan lainnya akan menyusul. 

"Sebagai tahap awal saat ini tiga kelurahan, Sungai Bambu, Marunda dan Pademangan Timur. Ketiganya sudah mempunyai RPTRA," ujar Wahyu, usai meresmikan RPTRA Pademangan Timur, Kamis (28/4). 

Dijelaskan Wahyu, ada 21 indikator yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan kampung KB, seperti meningkatnya peserta KB Baru dan KB Aktif, kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) dan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja. Kemudian tidak ada perempuan buta aksara dan sarana dan fasilitas lingkungan, serta pemberdayaan masyarakat dan kerukunan warga melalui lembaga kemasyarakatan.

"Saya meminta agar semua UKPD untuk berperan aktif dalam menyukseskan program kampung KB sesuai tupoksi masing-masing," ucap Wahyu.

Kepala BPM PKB Provinsi DKI Jakarta, Dien Emawati mengatakan, program kampung KB menyasar daerah yang kumuh atau padat penduduk. Sebab, populasi di kawasan permukiman padat penduduk cenderung tinggi.

"Selain itu sasaran kampung KB ini adalah daerah yang hasil pendataan keluarga masih banyak belum didata, dan daerah yang keluarganya punya banyak anak remaja dan balita," tandasnya.

TOP