Benih Ikan Masih Didatangkan dari Lampung

Reporter : Suparni | Editor : Nani Suherni | Senin, 25 April 2016 12:19 WIB | Dibaca 2122 kali
Benih Ikan Masih Didatangkan dari Lampung (Foto : Suparni / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Kelautan Dan Perikanan dan Ketahanan Pangan (KPKP) Kepulauan Seribu hingga kini pusat budidaya dan konservasi laut, Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan belum dapat berproduksi jenis ikan selain krapu.

" Pembenihan kita di Pulau Tidung belum mampu memproduksi ikan bawal bintang dan kakap putih jadi pembudidaya mendatangkan benihnya dari Lampung"

"Pembenihan kita di Pulau Tidung belum mampu memproduksi ikan bawal bintang dan kakap putih jadi pembudidaya mendatangkan benihnya dari Lampung," ujar Sutrisno, Kasudin KPKP Kepulauan Seribu, Senin (25/4).

Dikatakannya, ikan bawal bintang dan kakap putih baru di budidayakan keramba jaring apung (KJA) yang ada di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, sebagai selingan (tumpang sari) sambil menunggu satu tahun panen ikan krapu bantuan dari Dinas KPKP DKI Jakarta.

"Untuk bawal bintang, lima bulan sudah dapat dipanen dan hasilnya cukup bagus. Panen perdana mereka mencapai tiga ton dengan harga per kilo mencapai Rp 55.000," tandasnya.

Sebagai percobaan pembudidaya akan menghitung ulang hasil panen ikan bawal dan kakap tersebut, terkait dengan pengeluaran pakan yang diakui paling besar cost-nya. Di luar ikan bawal dan kakap, pembudidaya juga dilakukan untuk udang putih sebagai selingan yang dapat dipanen lebih cepat yaitu tiga bulan.

TOP