DKI Siap Terapkan SAP Berbasis Akrual

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Lopi Kasim | Jumat, 06 November 2015 20:12 WIB | Dibaca 3609 kali
DKI Siap Terapkan SAP Berbasis Akrual (Foto : Reza Hapiz / Beritajakarta.id)

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) kinerja atas efektivitas upaya pemerintah daerah dalam implementasi standar akuntansi pemerintah (SAP) berbasis akrual Pemerintah DKI Jakarta dievaluasi oleh BPK. Hasilnya, dari tujuh rekomendasi terdapat tiga permasalahan yang harus diselesaikan.

"Artinya harus banyak pembenahan di sistem internal, oleh karena itu diberi rekomendasi dan kita akan bikin action plane, kita bikin grand design "

Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta akan melakukan perbaikan. Selain membangun sistem informasi yang mendukung SAP berbasis akrual, Pemprov DKI juga akan melakukan perbaikan sesuai rekomendasi yang diberikan. Ditargetkan, realisasi rekomendasi perbaikan dapat dilaksanakan pada 2016 mendatang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, penerapan SAP berbasis akrual merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri No 64 tahun 2013. Sejak diberlakukan, pemerintah daerah diberi waktu hingga dua tahun untuk dapat menerapkan.

Namun, dalam LHP yang disampaikan BPK DKI Jakarta, ada tiga aspek permasalahan yang perlu diatasi. Yang pertama, aspek komitmen, regulasi dan kebijakan. Kedua, aspek pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dan terakhir aspek teknologi informasi.

"Artinya harus banyak pembenahan di sistem internal, oleh karena itu diberi rekomendasi dan kita akan bikin action plane, kita bikin grand design. Diharapkan 2016 bisa dilaksanakan," ujarnya, Jumat (6/11).

Menurut Djarot, dibidang teknologi informasi selama ini Pemprov DKI Jakarta lebih fokus ke luar. Untuk menanggapi keluhan dan aspirasi warga, DKI sudah membangun sistem aplikasi seperti Qlue dan Smart City.

Pihaknya, tambah Djarot, akan mendorong Diskominfomas DKI Jakarta untuk menyiapkan sistem informasi yang bersinergi dengan SAP berbasis Akrual. Selain itu, secara regulasi dan kebijakan, akan disusun grand design tahapan action plane berikut penganggaran.

Sedangkan untuk penyiapan SDM, Djarot mengaku akan menyinergikan dengan SKPD untuk melakukan sosialisasi. Secara bertahap, DKI pun akan melatih SDM untuk dapat memahami dan menguasai SAP berbasis akrual.

"Dengan sistem akuntansi berbasis akrual kita harus tahu berapa aset kita, berapa penyusutannya, sampai rumit seperti itu. Lah ini harusnya di-downgrade, diturunkan hingga tingkat paling bawah supaya sadar," tandasnya.

TOP