Pekan Produk Kreatif Daerah Digelar di Lapangan Banteng

Reporter : Andry | Editor : Erikyanri Maulana | Rabu, 27 Mei 2015 16:15 WIB | Dibaca 4031 kali
(Foto : Ilustrasi / Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI kembali akan menggelar Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) 2015 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pada 29 Mei-2 Juni 2015. Berbeda dengan tahun sebelumnya, agenda rutin yang selalu digelar setiap tahun ini, tidak lagi menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"kami ingin mengangkat PPKD sebagai serangkai kegiatan dalam rangka menyambut HUT DKI "

Acara yang melibatkan 247 peserta Industri Kecil Menengah (IKM) setelah melalui proses seleksi ini rencananya akan dibuka langsung Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Kepala Dinas Perindustrian dan Energi DKI, Haris Pindratno mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)‎ ke-488 Kota Jakarta. "Terlepas dari kewajiban menjalankan program nasional, kami ingin mengangkat PPKD sebagai serangkai kegiatan dalam rangka menyambut HUT DKI," ujar Haris, di Balaikota, Rabu (27/5).

Dikatakan Haris, tahun lalu, PPKD dilaksanakan di kawasan Monas yang kemudian disebut Gubernur dengan istilah Pekan Raya Jakarta (PRJ) Monas. "Karena saat itu masalah ketertiban tidak bisa dikendalikan, pada tahun ini kita selenggarakan di Lapangan Banteng," tuturnya.

‎Ia mengungkapkan, tujuan diselenggarakannya PPKD ini untuk pengembangan promosi produk para pelaku IKM di Provinsi DKI Jakarta sekaligus memperluas jaringan pemasaran. Kategori produk industri kreatif yang ditampilkan dalam acara itu yakni kerajinan, fashion, kuliner dalam kemasan, batu akik, teknologi informasi dari SMA, SMK dan universitas serta seni pertunjukan komunitas kreatif. "Totalnya ada‎ 247 kategori produk yang akan kita tampilkan," ujarnya.

Ia berharap, acara PPKD tahun ini, dapat meningkatkan sinergi antara para peserta IKM dengan Pemprov DKI agar pangsa pasar serta jumlah daya beli konsumen semakin tinggi‎ terhadap produk hasil IKM di ibu kota. "Kita juga mengharapkan, dari acara ini dapat tercipta kerjasama berupa fasilitasi perbaikan kepada IKM," tandasnya.