SIARAN PERS
WILAYAH KOTA JAKARTA SELATAN
(Press Release)

Pemkot Jaksel Laksanakan Pemotongan Hewan Kurban

Selasa, 18 Juni 2024 15:14

Jakarta Selatan -
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan melaksanakan Pemotongan Hewan Qurban dan membagikan 2.000 bongsang yang berisi daging hewan qurban dalam rangka Perayaan Idul adha 1445 H Tahun 2024, di Kantor Walikota Administrasi Jakarta Selatan, Selasa (18/6). 
 
Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan, Ali Murthadho, mengatakan, sebanyak 2.000 bongsang yang dibagikan nantinya berisikan daging hewan kurban seberat 1,5 kilogram hasil dari penyembelihan 33 ekor sapi dan 60 ekor kambing. 
 
"Alhamdulillah tahun ini kita menerima 74 ekor sapi dan 137 ekor kambing, sebagian kita sudah sebar ke beberapa lokasi dan sisanya hari ini kita potong di sini termasuk sapi pemberian PJ Gubernur DKI, Heru Budi Hartono," Ujarnya. 
 
Ali menuturkan, hewan kurban yang dipotong sudah diperiksa kesehatannya, fisik dan kelayakannya sesuai syariat Islam.
 
"Untuk efisiensi pemotongan, terutama pada sapi, kita sejak tahun lalu sudah menggunakan alat perebah sapi modern dan ada 100 petugas yang mulai bekerja dari proses pemotongan hingga pendistribusian daging hewan kurban," jelasnya.
 
Ia menambahkan, nantinya daging hewan kurban yang sudah dibungkus daun jati dan bongsang tersebut, disalurkan kepada PJLP di lingkungan kantor Wali Kota Jakarta Selatan, PPSU di 10 Kecamatan dan mustahik lainnya. 
 
"Kita targetkan sore ini jam 17.00 WIB selesai semua dan kami berharap semua prosesnya berjalan dengan lancar sampai akhir," imbuhnya. 
 
Sementara itu, Kasudin KPKP Jakarta Selatan, Hasudungan A Sidabalok mengatakan, untuk hewan kurban di kantor Walikota Jakarta Selatan sudah dipastikan sehat dan layak dagingnya untuk dikonsumsi. 
 
Namun, lanjut Hasudungan, sesuai arahan panitia kurban, untuk organ dalam seluruh hewan kurban di sini, tidak dibagikan, melainkan dikubur pada tempat yang sudah disediakan. 
 
"Proses penyembelihan sudah sesuai syariat, pencacahan daging juga sudah kita arahkan ke higenisannya, serta pengemasan dan pendistribusian juga sudah ramah lingkungan," tandasnya.
  • Suku Dinas Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Selatan
Website:selatan.jakarta.go.id
Twitter:@KotaJaksel
Facebook:Kota Jakarta Selatan
Instagram:Kota Jakarta Selatan
Topik:IdulAdha 2024
Download 
...

Foto 1

...

Foto 2

...

Foto 3

...

Foto 4