Launching Posyandu Remaja Warnai Peringatan HKN di RPTRA Cililitan

Kamis, 25 November 2021 16:33 Reporter : Nurito Editor : Budhy Tristanto 2246

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Launching Posyandu Remaja, menjadi salah satu rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 57 di RPTRA Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (25/11). Kegiatan ini digelar secara langsung dan virtual.

Posyandu Remaja GALAXY ini sebagai pionir posyandu di Kecamatan Kramat Jati

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Inda Mutiara mengatakan, launching Posyandu Remaja ini sebagai wujud upaya promotif dan preventif, terintegrasi dengan melibatkan lintas program dan lintas sektor. Kegiatan posyandu remaja meliputi pemeriksaan kesehatan terpadu bagi remaja usia 12- 18 tahun. Posyandu ini diberi nama Posyandu Remaja GALAXY yang merupakan kepanjangan dari Genius, Antusias, Loyal, Amanah, Xemangat.

"Posyandu Remaja GALAXY ini sebagai pionir posyandu di Kecamatan Kramat Jati. Diharapkan ke depan dapat menjadi inspirasi dan motivasi terwujudnya posyandu remaja serupa di enam kelurahan yang ada," kata Inda.

Selain peluncuran Posyandu Remaja, kegiatan lain yang ikut menyemarakkan HKN di RPTRA ini adalah re-opening Posyandu Balita di wilayah Kelurahan Cililitan. Kemudian, pelayanan dokumen kependudukan dari Sudin Dukcapil Jaktim, serta Lomba Senam Sehat yang diunggah melalui video.  

Camat Kramat Jati, Rudi Syahrul menambahkan, perayaan HKN ke 57 ini sebagai hasil kolaborasi lintas sektor. Rangkaian kegiatan ini adalah bentuk optimalisasi pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam suatu Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM).

"Saya berpesan kepada seluruh warga agar tetap melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan mematuhi prokes. Hal ini penting demi mewujudkan kota yang sehat dan sejahtera,” tandas Rudi.