PD Dharma Jaya Bakal Bangun Cold Storage Berkapasitas 5.000 Ton

Selasa, 16 November 2021 10:27 Reporter : Aldi Geri Lumban Tobing Editor : Toni Riyanto 1308

(Foto: Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id)

PD Dharma Jaya akan membangun gudang pendingin (cold storage) di Jalan Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur sebagai bagian dari upaya menjaga ketersediaan stok dan ketahanan pangan khususnya daging sapi dan ayam di DKI Jakarta.

Dibangun di lahan seluas tanah 9.000 meter persegi 

Direktur Utama PD Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman mengatakan, rencana pembangunan gudang pendingin dengan kapasitas 5.000 ton sudah ada sejak tahun 2020. Namun, karena kondisi masih pandemi saat itu sehingga pembangunannya ditunda.

"Cold storage dengan kapasitas daya tampung 5.000 ton akan dibangun di lahan seluas tanah 9.000 meter persegi milik PD Dharma Jaya," ujarnya, Selasa (16/11).

Raditya menjelaskan, untuk merealisasikan pembangunan tersebut diperlukan investasi yang besar. Sehingga, diperlukan kerja sama dengan pihak lain baik sesama BUMD atau perusahaan swasta.

"Melihat lokasi pembangunan yang strategis, gudang pendingin nantinya dapat disewakan untuk penyimpanan produk protein hewani sesuai yang dibutuhkan," terangnya.

Ia menambahkan, PD Dharma Jaya telah memiliki 32 unit cold storage atau gudang pendingin eksisting dengan kapasitas daya tampung masing-masing 25 ton, sehingga total keseluruhan kapasitas mencapai 800 ton.

"PD Dharma Jaya masih dikenal luas oleh masyarakat sebagai Rumah Potong Hewan (RPH), padahal kami memiliki berbagai bisnis usaha pangan seperti, memproduksi makanan olahan, penyewaan kandang, jasa pemotongan, penjualan hewan kurban, penjualan daging beku di toko daging, mengolah pupuk dan lainnya," tandasnya.