Ini 10 Peraih Jakarta Youth Award 2021

Kamis, 28 Oktober 2021 15:40 Reporter : Suparni Editor : Toni Riyanto 1878

(Foto: Suparni - Beritajakarta.id)

Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober, Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pemuda Jakarta kembali mengadakan Jakarta Youth Award. Dalam pelaksanaan Jakarta Youth Award 2021 sebanyak 10 tokoh berprestasi dan menginspirasi berhasil terpilih  menerima penghargaan.

Menjadi inspirasi dan motivasi

Adapun kesepuluh penerima Jakarta Youth Award 2021 yakni, Naura Rahmadija (atlet sepatu roda DKI Jakarta peraih lima emas PON XX, Papua); Sylviana Murni (Ketua Komite III DPD RI); Ahmad Lukman Jupiter (Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta); David Darmawan (entrepreneur muda Jakarta); dan Didi Suprijadi (Ketua Dewan Pembina FPTHSI).

Kemudian, Herry Djufraini (Corsec Bank DKI); Isnawa Adji (Wakil Wali Kota Jakarta Selatan); Lieus Sungkharisma (Tokoh Masyarakat); M. Sidik Dahlan (Ketua Dewan Kota Jakarta Utara); dan Raden Umar (Komandan Resimen Mahasiswa Jayakarta).

Inisiator Jakarta Youth Award 2021, Mohammad Syaiful Jihad mengatakan, panitia telah melakukan kajian dan verifikasi selama enam bulan terakhir (Mei-Oktober 2021).

"Ada 57 nama yang masuk menjadi nominasi dan kami kerucutkan menjadi 10 tokoh berprestasi dan menginspirasi," ujarnya, saat penyerahan Jakarta Youth Award 2021, Kamis (28/10).

Syaiful menjelaskan, sejumlah kriteria penilaian dalam Jakarta Youth Award 2021 yakni, memiliki komitmen tinggi dalam memberikan sumbangsih bagi kebaikan Jakarta, sehingga menjadi inspirasi dan motivasi bagi pemuda, khususnya pemuda Jakarta.

Penerima penghargaan juga dinilai secara konsisten dan totalitas dalam mengemban amanat, memiliki pemahaman mendalam di bidang/profesinya yang diimplementasikan untuk kemajuan pembangunan Jakarta.

"Kami juga memberikan penilaian para penghargaan harus konsekuen dan berkelanjutan rela memegang tugas serta tanggung jawab di pundaknya hingga berani mempertahankan ide, gagasan, maupun gerakan nyata tanpa ada paksaan ataupun intervensi kepentingan manapun," terangnya.

Sementara itu, Naura Rahmadija merasa senang dan bersyukur karena bisa mendapatkan penghargaan Jakarta Youth Award 2021.

"Alhamdulillah, setelah saya mendapatkan lima emas di PON XX, Papua, saya juga mendapatkan berkah penghargaan ini bersama sembilan tokoh berprestasi dan menginspirasi lainnya," ujar, siswi Kelas 1, SMA Negeri 70 tersebut.

Naura berharap, generasi muda lain di Jakarta juga bisa mengukir prestasi dalam berbagai bidang dan memberikan kontribusi untuk Jakarta.

"Saya sudah berlatih sepatu roda sejak kelas 1 SD. Jadi, pesan saya untuk yang lain, tekun dan jangan mudah menyerah," tandasnya.

Untuk diketahui, Koalisi Masyarakat Sipil untuk Pemuda Jakarta terdiri dari Jakarta Public Service (JPS), Jakarta Monitoring Network (JMN), Himpunan Masyarakat untuk Kemanusiaan dan Keadilan (Humanika) Jakarta, Koalisi Perkotaan Jakarta (Jakarta Urban Coalition), Komunitas Peduli Pengembangan Peran Serta Masyarakat (LP2SM) dan Lembaga Pemantau Jakarta (LPJ).