Tali Air di Jalan Jenderal Ahmad Yani Dibersihkan

Jumat, 08 Oktober 2021 20:58 Reporter : Anita Karyati Editor : Erikyanri Maulana 802

(Foto: Ani Chreistiyani - Beritajakarta.id)

Satuan Pelaksana (Satpel) Bina Marga Kecamatan Cempaka Putih membersihkan lumpur dan sampah yang menyumbat sejumlah mulut atau tali air di sepanjang Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan Rawasari dan Kelurahan Cempaka Putih Timur.

Kami setiap hari juga berkolaborasi bersama petugas PPSU untuk menjaga kebersihan tali air

Kepala Satpel Bina Marga Kecamatan Cempaka Putih, Reza Febiyanto mengatakan, pembersihan dilakukan untuk memperlancar aliran air dari permukaan atau badan jalan menuju saluran sehingga diharapkan bisa meminimalisir terjadinya genangan terutama saat hujan deras. Kegiatan ini merupakan salah satu program pencegahan genangan maupun banjir.

"Pembersihan dilakukan di sepanjang trotoar Jalan Jenderal Ahmad Yani, sisi barat perempatan Jalan Pramuka hingga perempatan coca cola di Jalan Suprapto sepanjang 3,2 kilometer," ujar Reza, Jumat (8/10).

Menurutnya, pembersihan tersebut dilakukan sejak tangga 4 Oktober 2021 dan diperkirakan rampung sepekan ke depan. Hingga kini tercatat sebanyak 13 titik tali air yang sudah dibersihkan. Tali air tersebut berupa pipa pvc berukuran 6 inci dengan panjang tali air bervariasi mengikuti lebar trotoar sekitar 3 sampai dengan lima meter.

"Setiap hari petugas kami bisa membersihkan dua sampai tiga titik karena banyaknya lumpur maupun sampah. Kami kerahkan enam personel. Setelah dibersihkan semoga tidak ada lagi sampah yang masuk ke mulut atau tali air. Kami setiap hari juga berkolaborasi bersama petugas PPSU untuk menjaga kebersihan tali air," tandasnya.