Wujudkan Keluarga Berketahanan, Pemprov DKI Lakukan Pencanangan Pusat Pelayanan Keluarga (PUSPA) 

Kamis, 30 September 2021 14:57 Reporter : Yudha Peta Ogara Editor : Erikyanri Maulana 808

(Foto: doc - Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) berkolaborasi dengan PT Hanwha Life Insurance Indonesia, melakukan Pencanangan Penyediaan Sarana Prasarana Pusat Pelayanan Keluarga (PUSPA) Center of Excellence in Family Happiness, pada Rabu (29/9), di Ruang Rapat Lantai 1 Kantor Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta.

PUSPA dirancang sebagai pusat informasi dan koordinasi

Agenda ini sekaligus menjadi momentum Pencanangan Orientasi Pendataan Keluarga Satu Pintu Tahun 2021. Kegiatan ini juga disiarkan secara langsung pada kanal Youtube Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta. Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan yang turut memberikan sambutan secara virtual mengatakan, untuk mewujudkan keluarga yang berketahanan diperlukan adanya kolaborasi secara berkelanjutan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, perguruan tinggi, masyarakat, media massa, dan dunia usaha.

"PUSPA dirancang sebagai pusat informasi dan koordinasi untuk penyelenggaraan kesejahteraan serta ketahanan keluarga dalam bentuk satu pintu. Dalam kesempatan ini, kami sampaikan apresiasi kepada PT Hanwha Life Insurance Indonesia yang telah menyalurkan dukungan CSR-nya dalam bentuk penyediaan sarana dan prasarana PUSPA sehingga bisa membantu kinerja dari Dinas PPAPP” kata Gubernur Anies, dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta, Kamis (30/9).

Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Hanwha Life Insurance Indonesia, berupaya mewujudkan keluarga yang bahagia dan berketahanan dengan menyiapkan penyelenggaraan pelayanan keluarga satu pintu yang dioperasionalisasikan melalui PUSPA. PUSPA dirancang sebagai pusat informasi dan koordinasi penyelenggaraan kesejahteraan dan ketahanan keluarga satu pintu.

Untuk mewujudkan keluarga bahagia berbasis digital yang tidak terlepas dari tata kelola pemanfaatan Data Keluarga Satu Pintu yang dikumpulkan oleh Tim Penggerak PKK melalui kader Dasa Wisma PKK. Melalui PUSPA, masyarakat Jakarta dapat memiliki pusat data, informasi dan edukasi digital yang terintegrasi, serta pilihan konten lokal dan aktivitas virtual yang ramah anak dan keluarga.

Pusat Pelayanan Keluarga juga akan menghadirkan sarana konseling secara online dan offline bagi keluarga (ibu, balita, remaja dan lansia) maupun korban kekerasan dalam rumah tangga. Adapun sarana prasarana yang akan dihadirkan di Center of Excellence in Family Happiness meliputi Ruang Digital Display, Ruang Studio Podcast, Studio Produksi Konten Digital, Command Center, Ruang Co-Working Space, Ruang Konseling Keluarga, Ruang Server, Ruang Rapat, Tempat Bermain Anak, Set Video Wall Display, Screen Computer Kiosk, TV LED, Laptop, Komputer, Tablet, Smartphone, Dekstop Monitor, Audio Video System.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati; Kepala Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta, Tuty Kusumawati; CEO Hanwha Life Insurance Indonesia, David Yeom; dan Chief Marketing Strategy Officer PT Hanwha Life Insurance Indonesia, Steven Namkoong. Kepala Dinas PPAPP, Tuty Kusumawati menyampaikan apresiasi kepada PT Hanwha Life Insurance Indonesia yang telah menyalurkan CSR dalam bentuk penyediaan sarana dan prasarana PUSPA.

"Saya berharap hadirnya PUSPA dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya dalam upaya mewujudkan keluarga bahagia" kata Tuty.

Ia juga menyampaikan  terima kasih kepada Tim Penggerak PKK beserta jajaran sampai dengan Dasa Wisma PKK yang terus bekerjasama tidak saja dalam pendataan keluarga satu pintu namun bekerjasama pula dalam memberikan pelayanan keluarga.

Fery Farhati, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) DKI Jakarta, menyampaikan, dengan tersedianya sarana dan prasarana PUSPA yang dilengkapi dengan operasionalisasi secara digital, jajaran TP PKK sampai dengan kader Dasa Wisma PKK dapat lebih siap lagi untuk menjalankan peranannya di tengah keluarga.

"Misalnya untuk pendataan keluarga terpadu satu pintu, penggerakan keluarga untuk vaksinasi dan menyampaikan pesan pembangunan, yang nantinya dapat memanfaatkan PUSPA. Apresiasi yang tinggi bagi Hanwha Life atas pembangunan Pusat Pelayanan Keluarga," ujar Fery Farhati.

Sementara David Yeom, CEO Hanwha Life Insurance Indonesia, mengungkapkan Fokus CSR Hanwha Life adalah anak dan keluarga.

"Kami melihat ada kebutuhan tinggi terhadap konten digital yang ramah anak dan edukatif bagi keluarga. Kami harap CSR PUSPA dari Hanwha Life bisa menjawab kebutuhan ini. Hanwha Life mengalokasikan budget sebesar Rp1,5 miliar untuk CSR PUSPA. Target kami, penyediaan sarana dan prasarana Pusat Pelayanan Keluarga berlangsung mulai Kuartal IV 2021 dan dapat beroperasi secara penuh pada Kuartal II 2022," kata David.