Suban Kesbangpol Jaksel Rekrut 24 Anggota FPK

Kamis, 23 September 2021 19:41 TP Moan Simanjuntak 652

(Foto: TP Moan Simanjuntak - Beritajakarta.id)

Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Suban Kesbangpol) Jakarta Selatan, Kamis (23/9), merekrut 24 anggota Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) periode 2021-2026.

Anggota FPK berbasis dari masyarakat, tokoh tokoh etnis yang ada di 10 wilayah kecamatan

Kasuban Kesbangpol Jakarta Selatan, Dirhamul Nugraha mengatakan, perekrutan anggota FPK ini berdasarkan rekomendasi masing-masing badan penghubung serta dari para camat berdasarkan instruksi wali kota.

"Anggota FPK berbasis dari masyarakat, tokoh-tokoh etnis yang ada di 10 wilayah kecamatan," ujarnya.

Dirhamul mengungkapkan, jumlah anggota FPK berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri berjumlah 37 orang. Mereka mewakili 34 provinsi plus perwakilan tiga etnis, yaitu Arab, Tionghoa dan India.

"Karena keterbatasan ketersediaan APBD maka untuk rekruitmen gelombang pertama hingga Desember tahun 2021 hanya dapat tercapai 24 anggota. Kekurangannya sebanyak 13 anggota akan mulai kembali direkrut Januari 2022," ucapnya.

Menurut dia, FPK merupakan salah satu forum binaan Kesbangpol yang dibiayai APBD selain Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Dalam struktur kepengurusan FPK tingkat kota, kursi Ketua Dewan Pembina adalah Wakil Wali Kota, Sekretaris Pembina Suban Kesbangpol dan anggota Dewan Pembina terdiri dari Kabag Pemerintahan, Kasatpol PP, Kabag Kesra dan Kabag Hukum, serta beberapa Kasudin.

"Dalam acara ini juga diadakan tandatangan kesepakatan dari para pejabat di lingkungan Pemkot Jakarta Selatan sebagai dewan pembina FPK periode 2021-2026 yang disaksikan oleh Sekretaris Kota Jakarta Selatan, Munjirin," tandasnya.