115 HPR di Cempaka Putih Barat Divaksin Rabies

Selasa, 21 September 2021 14:24 Reporter : Anita Karyati Editor : Erikyanri Maulana 545

(Foto: Anita Karyati - Beritajakarta.id)

Sebanyak 115 hewan penular rabies (HPR) mendapatkan vaksinasi rabies di halaman kantor Kelurahan Cempaka Putih Barat, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Rencananya kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari yakni pada Selasa (21/9) dan Rabu (22/9).

Vaksinasi ini gratis. Target kami sebanyak-banyaknya hewan peliharaan dapat divaksin dalam kegiatan ini

Kepala Satuan Pelaksana Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Satpel KPKP) Kecamatan Cempaka Putih, Hegar Budi Santoso menuturkan, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun dan bertujuan memberikan perlindungan bagi warga dan hewan peliharaan dari penularan rabies.

"Vaksinasi ini gratis. Target kami sebanyak-banyaknya hewan peliharaan dapat divaksin dalam kegiatan ini," ujar Hegar, Selasa (21/9).

Hegar merinci, 115 HPR yang divaksin hari ini terdiri dari, delapan ekor anjing dan 107 kucing dari 48 orang pemilik satwa tersebut. Dalam kegiatan ini, sambung Hegar, pihaknya menerjunkan dua dokter kesehatan hewan, tiga petugas dari Satpel KPKP Cempaka Putih dan satu penyuluh.

Kasi Ekbang Kelurahan Cempaka Putih Barat, Iin Yusnita mengatakan, ajakan vaksinasi HPR sudah disosialisasikan kepada warga melalui sosial media, maupun imbauan dari FKDM.

"Hari ini terbukti antusiasme warga untuk memvaksinasi hewan peliharaannya cukup tinggi. Kami berharap warga semakin peduli terhadap kesehatan hewan peliharaannya," katanya.

Anggit (28), warga RW 07 Kelurahan Cempaka Putih Barat mengaku terbantu dengan diselenggarakannya vaksinasi HPR yang diadakan Sudin KPKP Jakarta Pusat tersebut. Ia pun tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini dengan membawa 20 ekor kucing peliharaannya untuk divaksin rabies.

"Bagus ya, apalagi ini gratis. Meski saya harus bolak-balik tapi tidak masalah karena hewan peliharaan saya semuanya sudah divaksin dan dalam kondisi sehat," tandasnya.