Dua Kali Pelaksanaan Jumat Beli Lokal Bukukan Omzet Puluhan Juta Rupiah

Senin, 20 September 2021 09:44 Aldi Geri Lumban Tobing 661

(Foto: - Beritajakarta.id)

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta mencatat omzet penjualan produk UMKM binaan atau Jakpreneur dalam dua kali pelaksanaan program Jumat Beli Lokal mencapai Rp 57.000.000 dengan jumlah 237 pemesanan.

Mendukung para pelaku UMKM

Pameran online produk UMKM yang dilaksanakan setiap hari Jumat ini mengadaptasi konsep live shopping yakni berlangsung secara virtual melalui platform zoom dan Instagram Live di @jakpreneur dan @jxboard.

Konsumen yang tertarik pada produk tertentu dapat langsung menghubungi kontak yang ditampilkan saat kegiatan berlangsung.

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, program Jumat Beli Lokal ini juga berkolaborasi dengan marketplace Tokopedia untuk membantu mempromosikan dan memasarkan produk UMKM dengan mengakses tokopedia.link/jakpreneur.

"Kita menargetkan omzet dalam pelaksanaan Jumat Beli Lokal berikutnya lebih tinggi lagi," ujarnya, Senin (20/9).

Ratu menjelaskan, produk yang ditawarkan pada Jumat Beli Lokal merupakan produk lokal unggulan yang diproduksi oleh pelaku UMKM Jakpreneur di seluruh wilayah Jakarta. Berbagai pilihan produk dihadirkan mulai dari makanan, pakaian hingga kriya dengan harga yang kompetitif.

Program Jumat Beli Lokal memiliki tema berbeda setiap minggunya. Tema minggu pertama yaitu "Makanan Ringan dan Minuman", minggu kedua "Fesyen dan Kerajinan", minggu ketiga "Makanan Berat" dan minggu keempat "Home Living & Wellness".

"Melalui Jumat Beli Lokal Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengajak masyarakat untuk mendukung para pelaku UMKM dengan membiasakan diri menggunakan produk lokal dalam kehidupan sehari-hari," tandasnya.

Untuk diketahui, Jumat Beli Lokal merupakan pameran online produk UMKM yang dilaksanakan pada hari Jumat dan diselenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan akses pemasaran produk UMKM.

Selaras dengan misi UMKM go digital, program ini diselenggarakan di berbagai media sosial dan platform belanja digital. Semua calon konsumen yang hadir