Revitalisasi Tangki Septik Tahap I Tahun Ini Sasar 826 Lokasi

Selasa, 24 Agustus 2021 15:06 Aldi Geri Lumban Tobing 489

(Foto: Istimewa - Beritajakarta.id)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalu Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta berkolaborasi dengan PD PAL Jaya melaksanakan program subsidi revitalisasi tangki septik rumah tangga di 826 lokasi untuk tahap I di tahun ini.

S anitasi yang layak bagi masyarakat

Kepala Seksi Peningkatan dan Pengendalian Air Limbah Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Ichsan Nasution merinci, revitalisasi tangki septik di Jakarta Selatan akan direalisasikan di 298 lokasi, Jakarta Pusat sebanyak 376 lokasi dan Jakarta Timur berjumlah 152 lokasi.

"Tujuan dari program ini adalah tercapainya sanitasi yang layak bagi masyarakat Jakarta melalui perbaikan tangki septik rumah tangga," ujarnya, Selasa (24/8).

Ichsan menjelaskan, kegiatan revitalisasi tangki septik dilakukan karena kondisi tangki septik rumah tangga di ratusan lokasi tersebut umumnya tidak kedap. Sehingga, perlu adanya revitalisasi untuk mencegah kebocoran yang selama ini terjadi.

"Kualitas air permukaan maupun air tanah mempengaruhi tingkat kesehatan masyarakat, penyakit water borne disease atau penyakit yang bersumber dan berkembang melalui air. Bentuk water borne disease yang kerap terjadi adalah diare, muntaber leptospirosis," ungkapnya.

Menurutnya, kriteria rumah yang akan diganti atau dipasang tangki septik adalah rumah yang belum memiliki tangki septik dan rumah yang sudah memiliki tangki septik tapi masih belum kedap.

"Program ini juga menyasar rumah yang wilayahnya terkena dampak rob dan rumah dengan kondisi air tanah yang tinggi," tandasnya.

Untuk diketahui, berikut sebaran program subsidi revitalisasi tangki septik di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat

dan Jakarta Timur;

Jakarta Selatan

1. Kelurahan Cilandak Timur: 109 Lokasi

2. Kelurahan Ciganjur: 111 Lokasi

3. Kelurahan Jagakarsa: 78 Lokasi

Jakarta Pusat

1. Kelurahan Cempaka Putih Barat: 38 Lokasi

2. Kelurahan Rawa Sari: 37 Lokasi

3. Kelurahan Johar Baru: 301 lokasi

Jakarta Timur

1. Kelurahan Ciracas: 152 Lokasi