DPW KWK Jakut Berkolaborasi Percepat Vaksinasi COVID-19

Senin, 09 Agustus 2021 16:24 Suparni 612

(Foto: Suparni - Beritajakarta.id)

Dewan Pengurus Wilayah Koperasi Wahana Kalpika (DPW KPK) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Majelis Dakwah Islamiah (MDI) DKI, Puskesmas Kecamatan Cilincing dan Polres Jakarta Utara mengadakan Sentra Vaksinasi di Saung KWK, Jalan Akses Marunda, RT 02/06 Kelurahan Semper Timur.

Berdasarkan data, hingga pukul 12.00 WIB, sudah ada 714 orang telah mendaftarkan untuk mengikuti vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua dengan jumlah 562 di antaranya merupakan pramudi KWK.

Ketua KWK DKI Jakarta, Taufik Azhar mengapresiasi Ketua KWK Jakarta Utara Ramly HI Muhamad yang telah konsisten melaksanakan program Dinas Perhubungan DKI untuk menciptakan herd immunity bagi para pramudi KWK anggota JakLingko dan para keluarga.

"KWK mendukung penuh percepatan vaksinasi warga sasaran sebagaimana dicanangkan Gubernur DKI Jakarta, Pak Anies Baswedan," ujar Taufik Azhar yang juga Wakil Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, di lokasi pelaksanaan, Senin (9/8).

Menurutnya, KWK DKI akan melaksanakan vaksinasi menggunakan Astrazeneca secara besar-besaran di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur pada 14 September 2021.

"Sebelumnya, KWK Jakut dan empat wilayah lainnya juga sudah melaksanakan vaksinasi bagi pramudi dan keluarganya. Ini akan terus kita lanjutkan hingga target tercapai," ungkapnya.

Ketua KWK Jakarta Utara, Ramly HI Muhamad menambahkan, vaksinasi dosis kedua ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya untuk para pengemudi KWK JakLingko dan keluarganya.

"Allhamdulillah, sambutan dari para pramudi Jaklingko dan keluarga serta warga sangat antusias. Dalam kegiatan ini kami dibantu juga 25 tenaga kesehatan (nakes) dari Polres Jakarta Utara," ucapnya

Ia menambahkan, pada 14 September 2021 akan dilaksanakan vaksinasi dosis kedua di Saung KWK Jakarta Utara.

"Kami berharap pesertanya lebih dari 1.000 orang. Program ini juga bertujuan mendukung Pak Anies dalam mewujudkan masyarakat Jakarta yang tangguh dalam aspek imunitas untuk memutus mata rantai pandemi COVID-19," bebernya.

Ramly meminta, agar mereka yang sudah divaksin dalam keseharian tetap konsisten menjaga protokol kesehatan (prokes) agar tidak terpapar COVID-19.

"Kami berkomitmen turut berkolaborasi membantu pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi pandemi ini," terangnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara, Harlem Simanjuntak menyampaikan apresiasi atas inisiasi KWK Jakarta Utara yang sudah membantu memfasilitasi masyarakat, khususnya awak angkutan umum untuk divaksin hingga dosis kedua.

"Terima kasih kami sampaikan kepada Pak Ramly yang sudah ikut memfasilitasi vaksinasi bagi awak angkutan umum. Percepatan vaksinasi ini diperlukan untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok, khususnya di Jakarta," tuturnya.

Vaksinasi ini, lanjut Harlem, sangat penting bagi awak angkutan umum. Pasalnya, dalam kesehariannya mereka banyak berinteraksi dengan orang lain.

"Semoga dengan vaksin ini imunitas mereka semakin baik dari paparan COVID-19 dan bisa mencegah terjadinya gejala berat," tandasnya.