Mobil Vaksinasi Keliling di Masjid Al Muhajirin Sasar 300 Warga Pejagalan

Sabtu, 31 Juli 2021 15:31 Wuri Setyaningsih 862

(Foto: Wuri Setyaningsih - Beritajakarta.id)

Layanan mobil vaksinasi keliling yang digelar di Pondok Pesantren Masjid Al Muhajirin, RW 13 Kelurahan Penjagalan, Sabtu (31/7), menargetkan 300 warga ikut vaksin. Giat ini hasil kolaborasi Dewan Masjid Indonesia (DMI) dengan Pemprov DKI Jakarta.

Kami harapkan sekitar 250 hingga 300 warga us ia 12 tahun ke atas bisa divaksin hari ini

Perwakilan DMI DKI Jakarta, Hariyanto mengatakan, kolaborasi ini merupakan bentuk dukungan terhadap program percepatan capaian vaksinasi bagi warga yang dijalakan Pemprov DKI Jakarta.

"Cabang DMI di tiap kecamatan menyelenggarakan vaksinasi di satu lokasi. Jadi ada 42 titik lokasi menggelar layanan vaksinasi perdana," ujarnya.

Menurut Hariyanto, pihaknya juga aktif mengedukasi warga tentang manfaat vaksinasi. Hal ini dilakukan agar warga tidak mudah termakan berita hoax yang tersebar di media sosial.

Kepala Puskesmas Kecamatan Penjaringan, Dicky Alsadik menambahkan, untuk pelaksanaan vaksinasi kali ini pihaknya mengerahkan empat tenaga kesehatan.  

"Kami harapkan sekitar 250 hingga 300 warga usia 12 tahun ke atas bisa divaksin hari ini," ucapnya.  

Sementara itu Lurah Penjagalan, Ichsan Firdaosy mengungkapkan, untuk membantu kelancaran proses vaksinasi ini pihaknya menerjunkan 15 personel gabungan Satpol PP, kader PKK, dasawisma dan Jumatik serta PPSU. Mereka mengatur alur warga yang akan divaksin agar tidak terjadi penumpukan.

"Warga hanya membawa KTP atau fotocopynya untuk bisa divaksin. Sementara untuk anak di bawah 17 tahun cukup bawa KIA," tuturnya.

Mona, salah seorang warga RT 05 RW 07 Kelurahan Pejagalan, mengaku senang dan sangat terbantu dengan adanya layanan mobil vaksinasi keliling ini. Selain lokasi yang dekat dengan tempat tinggalnya, syaratnya juga mudah dan tidak harus lama antri.  

"Menurut saya, vaksin ini penting buat kesehatan dan meningkatkan imun tubuh," tandasnya.