Nakes Lima Organisasi Profesi Layani Vaksinasi di Puskesmas Kramat Jati

Sabtu, 19 Juni 2021 14:24 Nurito 1512

(Foto: Nurito - Beritajakarta.id)

Sebanyak 200 warga ikut vaksinasi COVID-19 yang dilakukan tim tenaga kesehatan dari lima organisasi profesi di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (19/6).

Sebelum turun ke lapan gan, mereka sudah kita latih agar bisa bertugas secara maksimal

Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari kesepakatan kolaborasi lima organisasi profesi ini dengan Puskesmas Kecamatan Kramat Jati dalam percepatan penanganan COVID-19, Minggu (13/6) lalu.

Lima organisasi profesi ini adalah Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan organisasi non-kesehatan dari Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Cabang Jakarta Timur.

Juru bicara Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Jakarta Timur, Nisma Hiddin mengatakan, total ada 30 relawan yang telah dilatih dan mereka secara bergantian akan membantu layanan vaksinasi di puskesmas hingga Desember mendatang.

"Semua layanan vaksinasi di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati hari ini dicover oleh mereka. Ini untuk membantu percepatan penanggulangan COVID-19. Sebelum turun ke lapangan, mereka sudah kita latih agar bisa bertugas secara maksimal," kata Nisma.

Dijabarkan Nisma, lima organisasi profesi ini masing-masing memiliki tim dengan tugas dan peran berbeda-beda. Tim dari IIDI dan PDGI tugasnya di bagian meja pre registrasi melakukan pendataan awal bagi warga yang akan divaksin. Kemudian tim dari PPNI dan IDI tugas di meja bagian skrining. Mulai dari cek suhu tubuh, tensi darah, hingga pemeriksaan kesehatan dan interview.

Selanjutnya tim dari IBI tugasnya melakukan vaksinasi terhadap warga. Sedangkan bagian pencatatan data dilakukan oleh tim dari PDGI. Kemudian untuk bagian observasi, menjadi tanggung jawab tim PPNI.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Inda Mutiara menambahkan, halaman Puskesmas dipilih menjadi lokasi layanan vaksinasi karena sejak awal masyarakat sudah banyak yang mendapatkan vaksinasi di sini.

"Animo masyarakat untuk vaksin di puskesmas sangat tinggi. Buktinya, pagi ini walaupun hujan, mereka sudah datang dan antusias untuk vaksin," ungkap Inda.

Walau yang bertugas hari ini tim gabungan dari organisasi profesi, jelas Inda, pihaknya tetap siaga dan membantu mengarahkan agar relawan nakes dari organisassi profesi ini bisa bekerja lebih mandiri, tidak bergantung pada puskesmas.

"Kolaborasi ini sangat membantu kita dalam percepatan penanggulangan COVID di wilayah Kramat Jati," tandasnya.