Dinas PPAPP Adakan Talkshow Daring Keluarga Cerdas Bermedia Sosial

Selasa, 11 Mei 2021 21:13 Aldi Geri Lumban Tobing 1281

(Foto: Istimewa - Beritajakarta.id)

Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta bersama dengan Unindra PGRI dan Universitas Kristen Indonesia (UKI) mengadakan Talkshow Bagimu yang mengangkat tema "Keluarga Jakarta Cerdas Bermedia Sosial, Selasa (11/5). Talkshow secara daring ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Kartini dan Hari Keluarga Nasional tahun 2021.

Bermanfaat dan positif

Kegiatan ini diikuyu sekitar 1.100 peserta atau partisipan baik yang bergabung melalui Zoom meeting atau siaran langsung Youtube. Peserta talkshow merupakan perwakilan civitas akademika, organisasi masyarakat, organisasi perempuan, organisasi keagamaan, pemerhati perempuan dan anak, Kader PKK, pengelola RPTRA, mitra kerja binaan Dinas PPAPP DKI Jakarta.

Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, talkshow ini merupakan salah satu upaya menghadirkan kebahagiaan dan solusi praktis yang dapat diterapkan oleh para keluarga di tengah pandemi ini. Terlebih, saat ini mayoritas keluarga di Jakarta menggunakan media sosial.

"Kepemilikan gadget di Jakarta jauh lebih banyak dibanding dengan populasi penduduknya. Tingkat keterpaparan masyarakat Jakarta terhadap media sosial melalui gadget juga relatif lebih tinggi," ujarnya, Selasa

Tuty menjelaskan, Dinas PPAPP bersama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta sedang merancang program Bagimu yang digagas Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati.

Pada tahap awal, program Bagimu memberikan implikasi dalam pemberian dukungan maksimal kepada rasa bahagia bagi anak, pemenuhan gizi dan memaksimalkan stimulus atau rangsangan agar anak tumbuh kembang optimal.

"Hari ini kita berikan stimulasi paling tidak stimulasi untuk memanfaatkan gadget dalam upaya-upaya menghadirkan kebahagiaan dan untuk hal-hal yang sifatnya bermanfaat dan positif. Membahagiakan itu bisa melalui bermedia sosial dengan baik," terangnya.

Ia menambahkan, program Bagimu yang dikembangkan saat ini menjadi rencana tindak lanjut penyusunan intervensi yang dibutuhkan individu, keluarga, dan masyarakat dalam mewujudkan keluarga bahagia. Program Bagimu memiliki visi yang sama dalam menyukseskan Kegiatan Strategis Daerah Pemprov DKI Jakarta dalam rangka menghindarkan tindak kekerasan dalam bentuk apapun.  

"Tindak kekerasan sangat marak dan cenderung meningkat dilakukan melalui media sosial. Talkshow ini sangat tepat untuk kita hadirkan di tengah-tengah keluarga di Jakarta. Saya apresiasi mitra kolaborasi kami yang secara terus menerus menghadirkan upaya praktis kepada keluarga-keluarga di Jakarta untuk dapat hidup lebih baik, sejahtera, lebih berketahanan, dan pada akhirnya lebih bahagia," tandasnya.