Sudin Pusip Jaksel Gelar Wisata Literasi Virtual

Reporter : TP Moan Simanjuntak | Editor : Budhy Tristanto | Kamis, 06 Mei 2021 21:39 WIB | Dibaca 645 kali
Sudin Pusip Jaksel Gelar Wisata Literasi Virtual (Foto : TP Moan Simanjuntak / Beritajakarta.id)

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Selatan menggelar acara wisata literasi virtual bertajuk literacy and fun science. Kegiatan diikuti 230 siswa-siswi kelas 3,4 dan 5 SD Islam Al Firdaus.

"Perpustakaan adalah sumber ilmu yang dapat dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan "

Kasudin Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Selatan, Evita Dwi Saiverda dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk anak-anak sebagai salah satu wahana untuk meningkatkan pengetahuan dan minat baca sejak dini.

“Perpustakaan adalah sumber ilmu yang dapat dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan," ujarnya, Kamis (6/5).

Dalam kegiatan yang digagas dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional ini, Evita mengingatkan para peserta untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

"Acara virtual seperti ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif layanan dan informasi yang berguna bagi siswa-siswi," ucapnya.

Dijabarkan Evita, kegiatan ini dimulai dengan pengenalan peraturan dan informasi tentang perpustakaan, kemudian dilanjutkan dengan virtual room tour yang dipandu oleh Kak Gatot yang mengenalkan Budaya Betawi melalui pojok Beranda Betawi yang menjadi salah satu ikon Perpustakaan Umum Jakarta Selatan.

Selanjutnya, para siswa-siswi juga diajak untuk melihat aneka koleksi yang ada di perpustakaan dan mengenal koleksi braille.

Tidak cuma itu, para siswa juga ditunjukkan percobaan sains sederhana yang dipandu pustakawan, Kak Rachmi dan Kak Norma.

"Percobaan sains yang dilakukan bersumber dari koleksi buku di perpustakaan dan dijadikan salah satu kegiatan alternatif selama pembelajaran jarak jauh (PJJ). Ada dua percobaan yang dilakukan, yaitu balon ajaib dan gunung meletus," tandasnya.

TOP