300 Pelajar SMP di Jakut Ikuti Wisata Literasi Virtual

Kamis, 06 Mei 2021 20:37 Reporter : Rezki Apriliya Iskandar Editor : Erikyanri Maulana 869

(Foto: Rezki Apriliya Iskandar - Beritajakarta.id)

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Utara mengadakan kegiatan wisata literasi secara virtual, Kamis (6/5).

Kegiatan wisata literasi bertujuan menjadikan perpustakaan bukan hanya sebagai tempat penyimpanan karya tulis, karya cetak, atau karya rekam,

Kali ini kegiatan tersebut diikuti 300 murid SMP Negeri 34 Kecamatan Pademangan Timur, SMP Negeri 95 Kecamatan Tanjung Priok, SMP Negeri 121 dan SMP Negeri 114 dari Kecamatan Koja.

Selama kurang lebih dua jam, dalam wisata literasi para siswa diajak berkeliling secara virtual untuk mengenal lebih dekat Perpustakaan Sudin Pusip Jakarta Utara. Wisata literasi diadakan secara virtual karena masih dalam kondisi pandemi. Sebelumnya wisata literasi dilakukan secara offline di mana para siswa dari sekolah akan dijemput dengan bus sekolah dan dibawa ke perpustakaan untuk berwisata di sana.

"Kegiatan wisata literasi bertujuan menjadikan perpustakaan bukan hanya sebagai tempat penyimpanan karya tulis, karya cetak, atau karya rekam. Untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, dan pelestarian, keberadaan perpustakaan juga untuk memenuhi kebutuhan wisata terhadap literasi," ujar Mimi Karminingsih, Kepala Sudin Pusip Jakarta Utara, Kamis (6/5).

Dikatakan Mimi, dalam kegiatan wisata literasi ini para siswa diajak mengenal lebih dekat perpustakaan sehingga akan timbul kecintaan pada perpustakaan dan diharapkan dapat meningkatkan minat serta budaya membaca.

"Makna literasi bukan hanya kemampuan membaca dan menulis tetapi juga menambah pengetahuan, keterampilan yang dapat membuat seseorang memiliki kemampuan dalam berpikir kritis, mampu memecahkan masalah dalam berbagai konteks, mampu berkomunikasi secara efektif, mampu mengembangkan potensi serta berpartisipasi aktif dalam kehidupan bermasyarakat," terangnya.

Dalam wisata literasi ini juga diisi dengan kegiatan mendongeng yang dibawakan oleh pendongeng sekaligus praktisi perkembangan anak dan pendidikan keluarga, Nyi Mas Diane Wulansari. Dongeng yang dibawakan bertema "Kesehatan Reproduksi Remaja Mewujudkan Generasi Sehat dan Tangguh".

"Selain itu ada juga penampilan bakat dari para siswa SMPN 95, SMPN 34, SMPN 121, dan SMPN 114, kemudian ada penayangan video pendek persembahan Dispusip Provinsi DKI Jakarta," tandasnya.

Bagikan ke:
berita terkini
berita terpopuler
berita terkait