Satgas COVID-19 RW 05 Sunter Agung Sediakan Rumah Isolasi Mandiri

Reporter : Budhi Firmansyah Surapati | Editor : Andry | Kamis, 14 Januari 2021 16:13 WIB | Dibaca 529 kali
Satgas COVID-19 RW 05 Sunter Agung Sediakan Rumah Isolasi Mandiri (Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Satgas COVID-19 RW 05, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara menyiapkan rumah isolasi mandiri bagi warga. Fasilitas yang disiapkan bagi pasien dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) ini merupakan hasil kolaborasi warga dan pemerintah.

" Hari ini dua warga menjalani isolasi di rumah isolasi sambil menunggu hasil swab test mereka"

Ketua RW 05, Sunter Agung, Nurus Shobah mengatakan, rumah isolasi ini disediakan dengan memanfaatkan Balai RW setempat. Totalnya ada lima ranjang yang disiapkan bagi warga untuk menjalani isolasi mandiri. 

"Hari ini dua warga menjalani isolasi di rumah isolasi sambil menunggu hasil swab test mereka," ujarnya, Kamis (14/1). 

Menurut Nurus, fasilitas ini disiapkan bagi warga yang tidak memiliki fasilitas memadai di kediamannya. Tidak hanya menyiapkan tempat menginap, warga yang menjalani isolasi juga mendapat asupan makan dari pihak RW setiap hari.

Ia melanjutkan, seluruh fasilitas berikut dukungan ketahanan pangan ini merupakan hasil solidaritas seluruh warga. Kesadaran untuk bersama-sama melawan COVID-19 juga ditunjukan warga dengan saling menjaga pelaksanaan protokol kesehatan secara disiplin. 

"Kesadaran bersama ini tentunya hasil dari proses edukasi dan sosialisasi yang terus digencarkan satgas dan pengurus RW hingga RT," tegasnya.

Lurah Sunter Agung, Danang Wijanarka menambahkan, selain menyiapkan rumah isolasi, warga di wilayah RW 05 juga memanfaatkan lahan tempat tinggalnya untuk menanam tanaman hidroponik dan dapur umum. 

Danang berharap, dengan beragam upaya yang dilakukan warga, lingkungan RW 05 bisa mengantisipasi segala kemungkinan di masa pandemi ini. Keberadaan RW yang lokasinya berjarak tidak jauh dari RS Darurat Wisma Atlet ini dinilai harus bisa menjadi contoh dan motivasi bagi wilayah lain dalam melawan COVID-19.

"Dengan segala upaya yang dilakukan menghadapi pandemi, warga RW 05 harus terus menjalankan protokol kesehatan," tandasnya. 

TOP