Dinas Pendidikan DKI Tambah 18 PAUD Berstatus Negeri

Reporter : Adriana Megawati | Editor : Rio Sandiputra | Selasa, 08 Desember 2020 14:55 WIB | Dibaca 776 kali
Dinas Pendidikan DKI Tambah 18 PAUD Berstatus Negeri (Foto : Mochamad Tresna Suheryanto / Beritajakarta.id)

Disdik DKI Tambah Belasan Lokasi PAUD Berstatus Negeri 

" Seluruh PAUD Negeri yang Provinsi DKI Jakarta dapat diakses secara gratis oleh masyarakat"

Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta menambah belasan lokasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berstatus Negeri di Ibu kota pada 2020 ini.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nadiana mengatakan, PAUD yang tersebar di beberapa lembaga.

Adapun lembaga lokasi pendirian PAUD Negeri ada satu di TPA di kantor Disdik, satu TK di SD Negeri Kemanggisan 01, empat TPA di PD Pasar Jaya, satu SPS di Masjid Hasyim Ashari, serta tiga belas PAUD-SD satu atap dan layanan satuan SPS yang ada di kantor Kecamatan dan Kelurahan. 

Hingga tahun 2019, sudah terdapat 100 PAUD Negeri yang terdiri dari 67 TK Negeri, 13 TPA Negeri, dan 20 SPS Negeri. Untuk 13 TPA dan 20 SPS Negeri berlokasi di Kantor Balai kota, Kantor Walikota, Kantor Kecamatan, dan Pasar Jaya.

"Penerimaan peserta didik memprioritaskan anak usia 5-6 tahun yang belum terdaftar pada lembaga PAUD manapun, berasal dari keluarga pra-sejahtera, dan jarak tempat tinggal terdekat dari lokasi PAUD. Seluruh PAUD Negeri yang Provinsi DKI Jakarta dapat diakses secara gratis oleh masyarakat," kata Nahdiana saat dikonfirmasi, Selasa (8/12).

Ia berharap, dengan didirikannya PAUD ini dapat membantu tumbuh kembang anak-anak pada usia emas secara optimal.

"Kita terus berupaya untuk memperkuat serta menumbuhkembangkan dan memperluas akses layanan PAUD berkualitas di seluruh wilayah," tandasnya.

Berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud RI, sampai dengan bulan Agustus 2020 Provinsi DKI Jakarta memiliki 3.964 lembaga yang terdaftar, dengan berbagai jenis layanan yang terdiri dari 1.960 TK, 353 KB, 20 TPA, dan 1.631 SPS.

TOP